Doktor Baru: Edie Rante Tasak

PT. Mitra Bisnis Keluarga Ventura (Lembaga Keuangan Mikro)
25 February 2011
Doktor Baru: Sukmawati
25 February 2011

Penduduk asli Kabupaten Paniai merupakan masyarakat yang hidup dai pertanian sub-sisten, pengolahan sumberdaya alam dilakukan dengan cara ekstraktif. Kabupaten Paniai memiliki jumlah penduduk miskin yang tinggi ranking 13 dari 29 Kabupaten / Kota di provinsi Papua. Pemberdayaan kepada masyarakat telah dilakukan pemerintah dengan program pemberdayaan pemberdayaan masyarakat. Meskipun program-program pemberdayaan masyarakat telah dilaksanakan pemerintah, tetapi penduduk asli kabupaten paniaimasih banyak yag hidup dalam kemiskinan.

Hal tersebut disampaikan oleh Edie Rante Tasak dalam penelitiannya yang berjudul “Dampak Pemberdayaan yang Dilakukan Pemerintah Terhadap Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Paniai Provinsi Papua”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kebijakan pemberdayaan di Kabupaten Paniai belum mampu mengentas kemiskinan, (2) menganalisis kebijakan pemberdayaan mempengaruhi perilaku ekonomi masyarakat lokal di Kabupaten Paniai.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kebijakan pemberdayaan yang dilakukan belum mampu memberdayakan masyarakat, tapi terkesan hanya mencegah masyarakat dari kemiskinan. (2) Program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Paniai dilaksanakan secara nasional, tanpa mem[erhatikan karakteristik daerah dan kearifan lokal. (3) Kebijakan pembrdayaan mulai menggeser pola hidup masyarakat dari kegiata produksi menjadi kegiatan konsumsi. (4) Program pemberdayaan mengkikis modal social yang di miliki oleh masyarakat Kabupaten Paniai. (5) Kebijakan pemberdayaan dianggap oleh sebagaian besar masyarakat local, bahwa pemberian bantuan oleh pemerintahan merupakan kewajiban.

Edie Rante Tasak mempresentasikan hasil penelitiannya tersebut pada ujian disertasi yang berlangsung secara tertutup di Ruang Sidang Utama Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Disertasi ini dipromotori oleh Prof. Agus Suman, SE.,DEA., Ph.D (Promotor), Prof. Munawar Ismail, SE.,DEA., Ph.D (Ko-Promotor), dan David Kaluge, SE., M.Ec-DEV., Ph.D (Ko-Prmotor). Dengan tim Dosen Penguji antara lain Prof. Achmad Erani Yustika, SE., M.Sc., Ph.D (Penguji 1), Dr. Susilo, SE., MS (Penguji 2), Dwi Budi Santoso, SE, MS., Ph.D (Penguji 3), dan Prof. Dr. Wahjoedi, S.Pd., ME (Penguji 4).

Setelah mempertahankan disertasinya di hadapan tim Dosen Penguji, Edie Rante Tasak dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Ekonomi.

(nug/ yb)

Tinggalkan Balasan