Doktor Baru : Erlina Diamastuti

Doktor Baru : Suwandi
24 March 2011
Studi Banding Universitas Muhammadiyah Surakarta
27 March 2011

Praktik Etika Akuntan adalah isu dalam masyarakat kita yang semakin mencuat akhir-akhir ini. Semua tentu bukan karena etika tersebut makin baik dipraktikkan oleh para akuntan, namun sebaliknya karena kondisinya yang semakin memburuk. Misalnya, semakin banyak akuntan yang tidak jujur dalam melakukan bisnis, seperti praktik mark up atau window dressing. Praktik etika terkadang harus menjadi sebuah dilema bagi akuntan manajemen saat berada pada sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan para akuntan yang seharusnya berperilaku sejalan dengan prinsip integritas dan objektifitas sekarang dapat tergadaikan pada pihak manajemen atau pemegang saham. Hal ini dapat terjadi karena akuntan manajemen mempunyai tanggung jawab pada pihak manajemen atau pemegang saham dan selain itu mereka digaji oleh pemilik saham atau pemilik perusahaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Erlina Diamastuti dalam penelitiannya yang berjudul “Makna Ketundukan dalam Praktik Etika Akuntan Manajemen” (studi pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai praktik etika akuntan manajemen di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk sebagai suatu langkah untuk membangun konsepsi mengenai etika akuntan manajemen.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik etika akuntan manajemen selalu diawali dengan melalui pintu masuk praktik akuntansi. Di dalam praktik tersebut seprang akuntan manajemen akan melakukan berbagai aktivitas yang bertujuan untuk menyajikan sebuah laporan keuangan. Laporan ini dipergunakan untuk memberikan sebuah pandangan atau tuntutan di dalam sebuah ikatan. Di dalam ikatan inilah praktik etika mulai dimainkan yang dimana setiap praktiknya memiliki nilai-nilai tersendiri yaitu buruk atau praktik etika akuntan yang baik. Setelah mempresentasikan dan mempertahankan disertasinya dihadapan dosen penguji Erlina Diamastuti dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Akuntansi.

(Nug/Yb)

Tinggalkan Balasan