Doktor Baru: Fajar Saranani

Doktor Baru: Sukmawati
25 February 2011
Launching ICATAS dan Seminar Perpajakan Di Fakultas Ekonomi
26 February 2011

Perusahaan merupakan suatu organisasi didalamnya terdapat sejumlah karyawan yang terdiri dari beberapa individu dengan karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Individu tertentu sebagai seorang karyawan bagi organisasi memiliki kemampuan, kepercayaan, penghargaan, kebutuhan, serta pengalaman masa lalu yang berbeda dengan individu lainnya. Sejumlah sifat yang berbeda merupakan karakteristik individual dalam membentuk perilaku individual dalam organisasi manajer harus mampu mendorong dan membangkitkan daya gerak (kemauan kerja) karyawannya untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang menjadi kewajibannya sehingga mereka termotivasi untu bekerja sebaik mungkin dan dapat meningkatkan produktivitas kerja

Hal tersebut disampaikan oleh Fajar Saranani dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja dengan Locus of Control dan Dukungan Sosial Sebagai Variabel Moderating (Studi Tenaga Kerja Wanita pada Industri Perikanan di Sulawesi Tenggara)”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh stress terhadapp produktivitas kerja yang di moderasi locus of control, dan dukungan social. Penelitian ini dilakukan pada industri perikanan di Sulawesi Tenggara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tenaga kerja wanita pada industi perikanan termasuk dalam kategori profesi pekerjaan yang mempunyai tingkat stress kerja sedang. Tingkat stress tenaga kerja wanita diakibatkan adanya pern ganda sebagai pekerja serta dituntut kualitas kerja yang baikk. Berdasarkan hasil penelitian stres kerja berpengaruh negative terhadap produktivitas kerja. Sedangkan variable locus of control dan dukungan social sehingga produktivitas tenaga kerja wanita dapat ditingkatkan.

Fajar Saranani mempresentasikan hasil penelitiannya tersebut pada ujian disertasi yang berlangsung secara tertutup di Ruang Sidang Utama Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Disertasi yang dipromotori oleh Prof. Armanu Thoyib, SE., M.Sc. Ph.D (Promotor), Prof. Dr. Margono Setiawan, SE., SU (Ko-Promotor), dan Dr.Ir. Solimun, MS (Ko-Promotor). Dengan tim Dosen Penguji antara lain Prof. Dr. Djumilah Zain, S.E. (Penguji 1), Prof. Dr. Umar Nimran,MA (Penguji 2), Prof. Dr. Keppi Sukesi, MS (Penguji 3), Prof. Dr. H. Asip F. Hadipranata, Psy.D (Penguji 4) dan Prof. Dr. Fendy Suhariadi, MT., Psi (Penguji 5).

Setelah mempertahankan disertasinya di hadapan tim Dosen Penguji, Fajar Saranani dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Manajemen.

(nug/ yb)

Tinggalkan Balasan