Doktor Baru: Kariyoto

Doktor Baru: Ni Nyoman Yuliarmi
19 August 2011
Peringatan Nuzulul Qur’an dan Buka Bersama Keluarga Besar FEB
20 August 2011

Pajak sangat berperan sebagai sumber utama pembiayaan pemerintah dan pembangunan. Atas dasar inilah pemerintah saat ini sedang mempersiapkan amandemen UU Perpajakan tahun 2007, yang menandai substansi reformasi perpajakan tentang tarif PPh Badan yang diusulkan menjadi tarif tunggal. Reformasi perpajakan sebagai salah satu variabel yang menentukan kinerja perpajakan selama ini telah mencapai hasil yang baik. Namun, masih ada kekurangan yang harus segera diperbaiki. Capaian pemungutan pajak masih relatif rendah. Padahal kinerja perpajakan membutuhkan kepatuhan dan kesadaran wajib pajak yang tinggi. Di Indonesia sendiri, tingkat kepatuhan dan kesadaran wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya tergolong masih rendah.

Itulah latar belakang disertasi Kariyoto yang berjudul “Pengaruh Reformasi Perpajakan Audit Perpajakan, Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak terhadap Kinerja Perpajakan”. Penelitian dalam disertasi ini ditujukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh reformasi perpajakan terhadap kesadaran wajib pajak, kepatuhan pajak, dan kinerja perpajakan, pengaruh audit perpajakan terhadap kesadaran wajib pajak dan kinerja perpajakan, pengaruh kesadaran audit perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, pengaruh kepatuhan wajib pajak terhadap kinerja perpajakan, serta pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kinerja perpajakan dan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah kerja Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III Malang yang berada di bawah naungan Departemen Keuangan. Pemilihan lokasi ini diharapkan dapat menggambarkan persoalan penelitian mengenai pajak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kesadaran wajib pajak, tetapi berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan, serta kinerja perpajakan. Audit perpajakan berpengaruh terhadap kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak, dan kinerja perpajakan. Kepatuhan wajib pajak berpengaruh terhadap kinerja perpajakan. Kepatuhan wajib pajak berperan meningkatkan kinerja perpajakan. Kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kinerja perpajakan, tetapi berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

Ujian disertasi ini digelar oleh Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) pada Selasa (2/8). Kariyoto mempresentasikan hasil penelitiannya di depan majelis penguji, dan berhasil memperoleh gelar doktor pada Program Doktor Ilmu Akuntansi Pascasarjana FEB UB. [riz]