Dosen USM Mengajar di FEB

Dekan FEB Berpesan kepada Wisudawan dan Wisudawati untuk Terus Belajar
4 December 2013
BEM FEB Kerja Sama dengan Faber Castell Adakan Talkshow tentang Kreatif Menulis
8 December 2013

Sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dari Program Sarjana dan Pasca Sarjana pada hari Kamis dan Jum’at (5-6/12) mengikuti kegiatan perkuliahan yang berbeda dengan biasanya. Bukan hanya tempat kuliah yang menggunakan Ruang Sidang Utama FEB, namun dosen yang mengajar pun bukanlah dosen FEB. Dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, pengajar dalam kesempatan ini adalah Dr. Amyrul Shah dari Universiti Sains Malaysia (USM). Kegiatan ini dikemas dengan konsep International Workshop dan mengusung tema “Current Issues in Management Accounting and Professional Certification”. Beliau merupakan Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) USM.

Dr. Amyrul Shah menjelaskan berbagai materi terkait dengan tema yang diusung, salah satu diantaranya adalah Management Accounting Decision Management. Sebelum melakukan investasi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya adalah laporan keuangan perusahaan, di dalam laporan tersebut, perlu diperhatikan bagaimana arus kas perusahaan, laba komprehensifnya, dan beberapa hal lain. Setelah memahami, tentang prospek dan potensi investasi tersebut, barulah bisa menentukan untuk mengucurkan dana sebagai investasi atau tidak. Beliau juga membahas tentang penentuan harga jual hasil produksi suatu perusahaan. Sebelum menentukan nominalnya, perlu ada sejumlah pertimbangan, agar hasil produksi perusahaan tersebut dapat diserap oleh pasar dan memberikan keuntungan yang optimal bagi perusahaan.

Pada gelaran International Workshop, para mahasiswa diajak untuk belajar melalui case study. Metode ini cukup efektif dalam kegiatan pembelajaran. Terbukti, para peserta cukup memahami materi yang tengah dijelaskan, walaupun dalam waktu yang relatif terbatas. Dr. Amyrul Shah berpesan 3 hal kepada para peserta. (1) Pelajari dan dalami Ilmu yang Kalian tekuni, (2) Tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris, (3) Beranilah menjawab pertanyaan dalam kuliah, karena akan bermanfaat untuk membangun kepercayaan diri kalian. (azm)

 

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan