Dr. Dra. Sumiati, M.Si.; Berbagi Ilmu tentang Manajemen Keuangan Keluarga kepada Dharma Wanita FEB-UB

Kongres Nasional I AIMI (Asosiasi Ilmuwan Manajemen Indonesia)
22 March 2014
Dekan Berniat untuk Memperluas Kesempatan Magang Kerja bagi Para Mahasiswa
23 March 2014

Manajemen keuangan keluarga adalah pengelolaan keuangan dalam rumah tangga sedemikian rupa sehingga tidak terjadi permasalahan-permasalahan keuangan. Lazimnya meliputi perencanaan pendapatan keluarga dan bagaimana menggunakan atau alokasinya serta pengawasan dan evaluasinya. Hal tersebut diutarakan oleh Dr. Dra. Sumiati, M.Si. dalam kegtiatan pertemuan rutin Dharma Wanita FEB-UB yang diselenggarakan pada tanggal 21 Maret 2014 di Ruang Sidang Utama.

“Dalam pengelolaan keuangan rumah tangga, akan lebih baik apabila saling terbuka”, ujar Dr. Dra. Sumiati, M.Si. Permasalahan keuangan dalam keluarga cukuplah beragam. Satu diantaranya ialah, kebutuhan yang tidak terpenuhi. Di masyarakat Indonesia saat ini terdapat dua tipe manajemen keuangan yang berlaku, yakni suami yang memegang uang, lalu istri meminta sesuai kebutuhan sehari-hari, atau istri yang memegang uang, lalu suami meminta sesuai kebutuhannya. Namun ada pula rumah tangga yang mengatur keuangan secara bersama-sama.

Proses pelaksanaan manajemen keuangan dalam keluarga diawali dengan perencanaan dan analisa. Hal ini sangatlah penting, demi tepatnya pengalokasian dana. Kemudian jangan lupa untuk melakukan evaluasi, sehingga apabila terjadi kesalahan, dapat segera diperbaiki. Setelah diterapkannya manajemen keuangan dalam rumah tangga, diharapkan mampu meningkatkan kinerja keuangan dalam rumah tangga tersebut. Dengan begitu kebutuhan keluarga akan semakin tercukupi dan kesejahteraan keluarga juga dapat ditingkatkan. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan