Dua Mahasiswa Double Degree FEB UB Ikuti Wisuda Periode V Tahun Akademik 2011/2012

Sidang Komisi dan Perumusan Cetak Biru (Blue Print) Arsitektur Pendidikan Akuntansi Indonesia KNPAI-JAFEB UB
20 April 2012
Visitasi Jurusan Manajemen FEB UB di Kampus UB Kediri
23 April 2012

Sabtu (21/4) bertempat di Basement Gedung E Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB), telah berlangsung prosesi Pelepasan Wisudawan Wisudawati Periode V Tahun Akademik 2011/2012. Sejumlah wisudawan wisudawati program sarjana dan pasca sarjana FEB UB pun resmi menyandang gelar pendidikan barunya.

Seperti tradisi, FEB UB memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi dengan predikat Penulisan Skripsi Terbaik dan Cumlaude dalam tiap periode wisuda. Penghargaan Penulisan Skripsi Terbaik diberikan FEB UB kepada: Agus Triyono, SE dengan judul “Pengaruh Pinjaman Luar Negeri, Investasi Domestik, dan Keterbukaan Perdagangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Periode 1970-2009 (Dosen Pembimbing, Putu Mahardika AS, SE,.M.Si.,MA.,PhD), Sarah Claudia, SE dengan judul “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Konsumen Membeli Barang Fashion Melalui Fitur GR, Blackberry Messengger Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya” (Dosen Pembimbing, Dr Fatchur Rohman, SE.,Msi) dan Dara Puspitaningrum, SE dengan judul “Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Sukarela Internet Financial Reporting (IFR) Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Dosen Pembimbing, Sari Atmini, SE.,M.Si.,Ak).

Sedangkan penghargaan Peraih Predikat Cumlaude diberikan FEB UB kepada mahasiswa untuk tiap jenjang pendidikan (S1, S2 dan S3). Peraih Predikat Cumlaude Jenjang Sarjana: S1-Ekonomi Pembangunan sebanyak 19 wisudawan dengan IPK tertinggi diraih oleh Agus Triyono, SE (IPK 3,87), S1-Manajemen sebanyak 22 wisudawan dengan IPK tertinggi diraih oleh Gusti Made Diah Yuliantari, SE (IPK 3,88), dan S1-Akuntansi sebanyak 11 wisudawan dengan IPK tertinggi diraih oleh Dara Puspitaningrum, SE (IPK 3,90); Peraih Predikat Cumlaude Jenjang Magister: Magister Manajemen yaitu Risca Fitri Ayuni, SE.,MM.,MBA (IPK 3,79), Johannes Punky, STP.,MM (IPK 3,71), dan Agung Nugroho Adi, SE.,MM.,MBA (IPK 3,71); Peraih Predikat Cumlaude Jenjang Doktoral: Doktor Ilmu Manajemen yaitu Dr. Unggul Heriqbaidi, SE.,M.Si.,M.App.,Ac (IPK 4,00); Doktor Ilmu Akuntansi yaitu Dr Zaki Baridwan, SE.,M.Si.,Ak (IPK 3,85).

Dalam kesempatan yang sama, dua wisudawan dari program Double Degree juga turut diwisuda bersama dengan 188 wisudawan wisudawati FEB UB lainnya. Dua wisudawan yang merupakan angkatan pertama dari program yang bekerjasama dengan institutsi pendidikan di luar negeri ini yaitu Risca Fitri Ayuni, SE.,MM.,MBA (Magister Manajemen FEB UB – Master of Business Administration, National Chiayi University, Taiwan) dan Agung Nugroho Adi, SE.,MM.,MBA (Magister Manajemen FEB UB – Master of Business Administration, Burapha University, Thailand). Keduanya berhasil lulus dengan predikat Cumlaude. “FEB UB memiliki sejumlah program kerjasama double degree baik untuk S1 dan S2 dengan universitas-universitas di luar negeri. Diantaranya yaitu telah menghasilkan lulusan pertamanya pada hari ini”, ungkap Dekan FEB UB, Gugus Irianto, SE.,MSA.,PhD.,Ak.

Diungkapkan oleh Dekan FEB UB disela-sela sambutannya bahwa bulan April ini, FEB UB menerima 3 visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang melakukan proses akreditasi untuk Program Magister Akuntansi, Program Magister Ilmu Ekonomi dan Program Doktor Akuntansi. “Beberapa waktu lalu, kita baru meraih akreditasi dari salah satu badan akreditasi internasional The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Education (ABEST21). Harapannya, hasil akreditasi dari ketiga program FEB UB yang sedang berlangsung ini, juga membuahkan hasil yang memuaskan”, jelas Dekan FEB UB dihadapan wisudawan wisudawati dan tamu undangan. Dekan juga menyampaikan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati dan berharap agar para wisudawan dan wisudawati tetap menjaga hubungan yang baik serta mampu membawa nama baik FEB UB di masyarakat. (ris)