Entrepreneur Club sebagai Wadah Kewirausahaan Mahasiswa FEB UB

COFFEE SHARE for Sharing Solution
12 April 2018
IEBSS : Machine Leaning and Big Data to Making Business
12 April 2018

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya memiliki lebih dari 2000 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 aktif dimana diantara mahasiswa tersebut terdapat mahasiswa-mahasiswa yang sudah memiliki usaha sendiri, baru akan memulai merintis usaha, ataupun berkeinginan untuk memiliki usahanya sendiri.

Dari ketiga keadaan yang dimiliki mahasiswa ekonomi tersebut muncul beberapa permasalahan diantaranya adalah bagaimana mahasiswa dapat mengembangkan usahanya, bagaimana mahasiswa mendapatkan modal, bagaimana mahasiswa harus memulai usahanya, dan masalah lainnya yang menyangkut kepentingan berwirausaha.

Karena permasalahan-permasalahan itu hadirlah Entrepeneur Club (EC). Tema yang dimiliki dari kegiatan EC ini adalah “FEBerwirausaha”. EC merupakan suatu perkumpulan yang bertujuan untuk dapat mewadahi potensi wirausaha pada mahasiswa, tempat untuk saling bertukar pikiran, dan menggerakkan kegiatan-kegiatan positif terkait dunia bisnis bagi para mahasiswa FEB UB. EC juga memberikan materi edukasi terkait bisnis serta lebih menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha.

EC diadakan mulai dari bulan Maret hingga bulan November 2018 salah satu kegiatan diadakan di Basement Gedung E FEB UB. Rangkaian kegiatan EC antara lain adalah School Entrepeneur Behaviour atau kelas bisnis yang diadakan setiap periode tertentu di Ngalup Co. Pada kelas bisnis EC ini terdapat pemberian materi mengenai Business Plan dan materi seputar dunia kewirausahaan. Kegiatan EC yang selanjutnya adalah Bazar.

Pada kelas bisnis penyaluran informasi lebih terfokus pada teori yang bersangkutan sedangkan acara Bazar lebih tertuju pada praktek teorinya dimana anggota dapat “merasakan” dan mengamati langsung keadaan pasar yang sebenarnya seperti apa. kegiatan EC sangat variasi untuk lebih menumbuhkan minat berwirausaha pada mahasiswa ekonomi. Business Talk juga termasuk dalam salah satu kegiatan yang dimiliki EC dimana kegiatan ini merupakan dialog mengenai bisnis dalam berwirausaha, pada Business Talk terdapat narasumber yang berpengalaman di bidang bisnis dan kewirausahaan untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Selain itu bentuk kegiatan EC yang lainnya adalah perkumpulan para pembisnis di FEB yang memfasilitasi anggota dalam beberapa aspek penting dalam berwirausaha, seperti penyediaan media promosi dalam bentuk Poster yaitu dalam bentuk produk anggota EC, Space Stand Bazar, Katalog dan Ex-banner yang merupakan branding EC. Promosi yang dilakukan juga dapat berbentuk Virtual Promotion, contohnya adalah Twitter, Instagram, Facebook, Official Line@ dan media sosial lainnya yang membantu sebagai media promosi.

Anggota yang mengikuti rangkaian acara EC ini diharapkan mampu untuk mendirikan bisnis mereka sendiri dan bisnis yang sudah mereka jalankan akan dapat berkembang lebih baik lagi. dengan begitu EC dapat menjadi sarana dan prasarana untuk bertukar pikiran atau sharing mengenai kewirausahaan dan juga menyediakan media promosi yang mendukung publisitas produk dan mengembangkan usaha yang dimiliki oleh mahasiswa ekonomi. Kemudian memberikan edukasi berupa moril maupun materil terkait dalam bisnis yang akan dimulai ataupun perkembangan bisnis yang dimiliki mahasiswa, lalu menyelenggarakan kegiatan positif yang mendukung berkembangnya jaringan atau relasi yang dimiliki oleh peserta, dan memberikan informasi dan pendampingan kompetisi wirausaha seperti lomba Business Plan dan lainnya kepada mahasiswa FEB UB .

Target yang dituju melaui kegiatan EC ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang telah memiliki dan menjalankan usaha ataupun yang ingin menjalankan usaha agar dapat menjadi wirausahawan yang baik sebagaimana mestinya. Wirausahawan tersebut diharapkan mampu bersaing dengan wirausahawan lainnya dan dapat bertahan dalam dunia bisnis.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan