ENTREPRENEUR CLUB BEM FEB UB 2015

EASTER CELEBRATION TOGETHER WITH KMK FEB UB St. Bonfilio 2015 : “Serving Others in Simplicity”
24 November 2015
Kajian Ekonomi 2015 Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi 2015
24 November 2015

ENTREPRENEUR CLUB (EC) adalah sebuah acara yang memiliki beberapa rangkaian acara.  Latar belakang diadakannya acara ini adalah Banyak mahasiswa yang mempunyai bisnis di fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) namun banyak masalah yang sering dihadapi oleh para pebisnis yang masih berstatus mahasiswa khususnya untuk pebisnis pemula. Masalah-masalah yang dihadapi pada umumnya seperti tidak adanya dana atau modal untuk memulai dan menjalankan suatu bisnis.

Di sisi lain masalah yang sering terjadi adalah kekurangan atau tidak adanya relasi yang menunjang kesuksesan dalam berbisnis, masalah kompleks yang lainnya seperti manajemen diri yang tidak terarah, kurang percaya diri dalam menjalankan suatu bisnis, tidak adanya motivasi, sepi pelanggan, strategi marketing yang tidak bagus, manajemen keuangan yang tidak baik, kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam berbisnis menjadi masalah utama yang sering dikeluhkan oleh para pebisnis.

Oleh karena itu, BEM FEB UB membuat suatu program kerja yaitu Entrepreneur Club (EC) yang nantinya akan menjadi fasilitator dan tempat memecahkan berbagai masalah dalam berbisnis khususnya untuk mahasiswa-mahasiswa FEB yang telah memiliki bisnis dan mengalami berbagai masalah yang harus diselesaikan. Melalui EC, wirausaha yang tergabung akan diberikan edukasi lebih terkait bisnis. EC merupakan wadah untuk mengembangkan potensi-potensi kewirausahaan mahasiswa di FEB dan berfungsi untuk menyambut AEC 2015, serta meningkatkan kesejahteraan mahasiswa FEB.

Selain itu EC, juga berfungsi sebagai tempat sharing wirausaha muda terkait bisnis antara anggota EC itu sendiri dengan alumni FEB dan pemateri yang handal dan mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam berwirausaha.

Dari tujuan itu BEM FEB UB mempersembahkan program-program EC yang dikemas menarik.

Diantaranya adalah soft opening EC yang dilaksanakan pada tanggal 28 April 2015 tepatnya pada hari selasa siang pukul 11.00 WIB di Basement FEB UB. Soft opening EC telah berlangsung dengan mendatangkan pemateri yang memiliki pengetahuan banyak tentang bisnis dan tentunya sudah memiliki bisnis yang besar. Jadi, di dalam acara tersebut para mahasiswa yang mengikuti acara tersebut dapat bertanya kepada pemateri tentang kesulitan-kesulitan ataupun hal-hal yang berhubungan dengan bisnisnya. Dan pemateri akan menjawab semua pertanyaan dari mahasiswa yang telah bertanya.

Acara selanjutnya adalah Business Talk , visit company, dan feb katalog adalah rangkaian acara EC yang dikemas menjadi satu acara dengan konsep yang menarik. Business Talk adalah acara yang membicarakan tentang bisnis bagaimana dapat menjadi seorang entrepenur yang sukses dan mempunyai usaha yang dapat berkembang dengan pesat dan dapat sukses. Sedangkan visit company adalah kita EC mendatangi salah satu tempat usaha yang digunakan untuk mengadakan acara ini. Sedangkan FEB katalog adalah sebuah katalog EC yang digunakan untuk media promosi semua produk-produk anggota EC.

FEB katalog tersebut akan disebarkan di beberapa fakultas yang sudah bekerja sama dengan EC. Dengan demikian FEB katalog adalah salah satu hal terpenting untuk para ushawan untuk memasarkan produknya dengan mudah lewat FEB katalog ini.

Acara ini diadakan pada hari Minggu, tanggal 31 Mei 2015. Pukul 08.00 adalah open gate dan acara dimuali pada pukul 09.00 WIB. Acara ini dilaksanakan di grizzolicius salah satu tempat yang biasanya di datangi oleh mahasiswa untuk membeli jajanannya. Acara ini didatangi oleh mahasiswa FEB sendiri karena acara EC memang diadakan khusus untuk memfasilitasi mahsiswa EC dalam bidang usaha. Acara selanjutnya adalah lomba dan pemasaran produk yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 23 November 2015. Acara tersebut akan dihadiri oleh anggota EC yang ingin memasarkan produknya ataupun ingin mengikuti lombanya.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan