“ENTREPRENEURSHIP AND BUSINESS PLAN COMPETITION 2015” Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi

Wisuda Periode X Tahun Akademik 2014/2015
24 July 2015
FORSTRACK (Forstilling Tracking) FORSTILLING FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA
29 July 2015

Seseorang yang berani mengambil risiko dan memulai sesuatu yang baru adalah ciri dari seorang pengusaha dan menjadi pengusaha merupakan sebuah cita – cita yang perlu ditanamkan pada benak setiap individu di Indonesia “Suatu negara bisa menjadi makmur jika jumlah pengusaha sedikitnya 2% dari jumlah penduduk negara tersebut”, (David Mcclelland, Sosiologi AS). Hal tersebut dilatarbelakangi dengan adanya fakta bahwa pengusaha Indonesia yang terjun di dunia wirausaha dalam relatif muda dapat dikatakan sangat minim, yaitu hanya 1,56% dari total penduduk Indonesia dan jumlah ini kalah jauh dibandingkan negara lain di ASEAN. Agar hal ini bisa diperbaiki, maka penyampaian mengenai konsep kewirausahaan yang dapat menularkan peluang dan menciptakan sebuah usaha baru yang menguntungkan harus digalakkan. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki perekonomian bangsa Indonesia karena suatu bangsa yang memiliki kelompok wirausaha yang besar akan lebih mudah untuk maju dan lebih tahan terhadap gangguan krisis.

Salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pelatihan kewirausahaan, kompetisi business plan dan bazar. Kegiatan ini akan mengasah kemampuan dan meningkatkan kompetensi para wirausaha untuk menciptakan produk baru dan memperkenalkan produknya secara terjun langsung ke pasar. Diharapkan dengan adanya berbagai pelatihan kewirausahaan dan kompetisi business plan masyarakat Indonesia khususnya generasi muda akan tahan oleh gempuran produk-produk impor dan dapat memenangi persaingan pasar dalam Komunitas Ekonomi Asia Tenggara dengan menjadi wirausaha yang tidak hanya memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul, tetapi juga kreatif karena dengan kreatifitas akan memunculkan ide – ide bisnis yang inovatif.

Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan kewirausahaan, salah satunya adalah melalui Entrepreneurship clinic and Business Plan Competition (ESBC). Entrepreneurship and Business Plan Competition (ESBC) merupakan seminar kewirausahaan, kompetisi business plan dan bazar dengan lingkup nasional yang ditujukan untuk generasi muda yang berumur 16-25 tahun baik untuk kalangan pelajar SMA, mahasiswa dan umum.

Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan “ENTREPRENEURSHIP AND BUSINESS PLAN COMPETITION 2015” ini adalah mencetak entrepreneur baru dan menyebarkan virus kewirausaahaan khususnya bagi mahasiswa. Pertama, dengan mengadakan bussiness plan competition yang bertemakan “The Real Young Entrepreneur for a Better Indonesia”, sub temanya yaitu creative economics serta akan diadakan bazar untuk 15 tim terbaik yang lolos diundang ke Malang dan mempresentasikan ide bussines plannya, serta partisipan selain 15 tim tersebut. Dengan harapan, para pemuda mulai menyadari pentingnya jiwa kemandirian dan mampu bersaing dengan inovasi-inovasi yang diimplementasikannya di era MEA 2015 ini. Kedua, akan diadakan coaching clinic kewirausahaan dikhususkan bagi 15 tim terbaik yang di undang ke Malang. Dan seminar ini, akan diisi oleh pemateri yang bernama H. Abdul Rahman Tukiman atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cak Man. Beliau adalah seorang pengusaha waralaba Indonesia pemilik Bakso Kota Cak Man, dengan mendirikan PT. Kota Jaya yang memiliki 86 cabang di berbagai daerah Indonesia. Dan yang terakhir adalah kegiatan fieldtrip untuk 15 tim terbaik, dengan tujuan untuk hiburan dan kunjungan edukasi ke pemilik-pemilik UMKM yang ada di Kota Malang, agar peserta lebih mengetahui bagaimana praktik jalannya bisnis di lingkungan yang sebenarnya.

Adapun tujuan khususnya antara lain :

  1. Membuat masyarakat Indonesia secara umum dan para pemuda pada khususnya siap menghadapi MEA.
  2. Meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia dengan inovasi-inovasi yang kreatif di segala bidang.
  3. Sarana pembelajaran bagi para pemuda di Indonesia dalam bidang kewirausahaan.
  4. Memfasilitasi para pemuda untuk mengenalkan produknya dan terjun langsung ke pasar

BENTUK KEGIATAN

  1. Technical Meeting (TM)

Technical Meeting (TM) merupakan acara pembuka dari serangkaian acara ESBC 2015 yang berisi penjelasan tentang tema dan rangkaian kegiatan, peraturan dan ketentuan (selama mengikuti rangkaian acara dan presentasi), serta penjelasan aspek penilaian dan kategori juara. Selain itu technical meeting juga akan dibacakan pembicara untuk seminar kewirausahaan dan juri kompetisi business plan. Pada technical meeting akan dihadiri 15 team finalis dengan total peserta 60 orang (asumsi 1 tim – 4 orang).

  1. Business Plan

Pada business plan ini ditargetkan 150 – 200 tim, yaitu tim dari universitas se Indonesia. Kemudian terpilih 15 tim lolos seleksi untuk mempresentasikan proposal business plan. Penilaian proposal berdasarkan kreatif, inovatif, implementatif dan mutu konten, serta dinilai oleh juri (Dr. Achmad Helmy Djawahir, Misbahudin Azzuhri, SE., MM., dan Dr. Asfi Manzilati, SE., ME.) yang berkompeten dibidang kewirausahaan dan civitas akademisi yang memahami manajemen pemasaran dan keuangan.

  1. Bazar

Bazar yang diadakan oleh Panitia ESBC 2015 merupakan acara yang dilaksanakan pada hari kedua. Peserta bazar adalah 15 finalis yang lolos seleksi bussines plan dan telah mempresentasikan produknya saat hari pertama. Selain itu, panitia juga menyediakan 5 stan untuk sponsorship maupun pihak-pihak yang ingin berpartisipasi dalam bazar ini dengan cara membuka pendaftaran (open tenant). Dan panitia juga menyediakan satu spot photo booth untuk pengunjung bazar yang ingin mengabadikan momennya di acara ESBC 2015 ini. Adapun tujuan dari bazar, untuk pengimplementasian serta mengasah jiwa wirausaha para peserta dalam memasarkan produknya.

  1. Coahching Clinic Kewirausahaan

Coaching Clinic kewirausahaan merupakan acara yang dilaksanakan pada hari terakhir. Dalam acara ini pembicara yang mengisi adalah seorang wirausaha yang dinilai panitia dapat memotivasi para finalis lomba bussines plan agar tidak hanya sebatas ide yaitu H. Abdul Rahman Tukiman atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cak Man. Beliau adalah seorang pengusaha waralaba Indonesia pemilik Bakso Kota Cak Man, dengan mendirikan PT. Kota Jaya yang memiliki 86 cabang di berbagai daerah Indonesia. Coahcing Clinic ditujukan khusus untuk 15 tim terbaik yang lolos seleksi business plan competition. Juga akan dibuka untuk umum dengan kuota terbatas.

  1. Fieldtrip

Fieldtrip merupakan kegiatan yang dilaksanakan setelah Coaching Clinic. Dalam fieldtrip ini para finalis diajak untuk mengenal Kota Malang lebih dekat. Adapun tempat-tempat yang dituju yaitu Museum Brawijaya, Masjid Jami’ Malang, Alun-Alun Merdeka Malang, dan Sentra Keripik Tempe Sanan. Tempat-tempat yang menjadi tujuan fieldtrip adalah berdasarkan pertimbangan panitia akan nilai sejarah dan ciri khas Kota Malang. Selain itu panitia juga memilih tempat-tempat yang tidak hanya sebagai sarana rekreasi, melainkan juga sebagai sarana edukasi (tepatnya kewirausahaan).

PELAKSANAAN KEGIATAN

  1. Technical Meeting (TM) dan Business Plan
  • Hari dan tanggal          : Selasa, 27 Oktober 2015
  • Tempat                         : Aula Gedung A3 FEB UB
  1. Bazar
  • Hari dan tanggal          : Rabu, 28 Oktober 2015
  • Tempat                         : Basement FEB UB
  1. Coaching Clinic Kewirausahaan dan Fieldtrip

Hari dan tanggal         : Kamis, 29 Oktober 2015

Tempat                        :

  • – Aula Gedung A3 FEB UB
  • – Museum Brawijaya
  •  – Sentra Keripik Tempe Sanan
  •  – Masjid Jami’ dan Alun-Alun Merdeka Malang
Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan