Entrepreneurship Day : Ajang Mahasiswa Berwirausaha

FEB UB Gelar Lomba Karaoke, Lomba Tenis Meja, dan Lomba Bulutangkis
12 November 2013
JAFEB Adakan Pelatihan bagi Guru SMA dan SMK Negeri Se-Kota Malang
14 November 2013

Berbeda dengan keramaian yang biasa terjadi di Lapangan Parkir Atas dan Basement FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), pada hari Senin dan Selasa (12-13/11) tampak sejumlah stand yang menjual berbagai produk. Sejak pagi tampak para mahasiswa sibuk menyiapkan stand mereka masing-masing.  Mereka adalah mahasiswa-mahasiswi Jurusan Manajemen FEB, selama dua hari mereka berpartisipasi dalam kegiatan “Entrepreneurship Day” yang merupakan implementasi dari mata kuliah yang  telah mereka tempuh, yakni mata kuliah Kewirausahaan dan mata kuliah Laboratorium Kewirausahaan.  “Ini merupakan implementasi dan praktek nyata, sehingga mata kuliah yang berkaitan dengan kewirausahaan tak hanya dipelajari sebatas teori.” ujar Risca Fitri Ayuni, SE., MBA., MM. selaku panitia pada kegiatan tersebut. Kegiatan ini dapat membantu para mahasiswa untuk mencapai target mata kuliah yang berkaitan dengan Kewirausahaan, yakni mahasiswa mampu membuat bisnis baru.

Dalam Entrepreneurship Day kali ini terdapat 35 stand dengan berbagai produk yang dijual. Sebelum melakukan kegiatan bisnis, para mahasiswa ditugasi membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu dan kemudian mempresentasikannya. Perencanaan ini sendiri mencakup pangsa pasar, operasional, pengaturan, pengorganisasian, serta keuangannya. Setelah itu barulah mengimplementasikannya pada kegiatan ini. Dalam pengeksekusian di Entrepreneurship Day mahasiswa tidak dilepas begitu saja, tetap mendapat pengawasan dari para dosen mereka masing-masing. Namun peran dosen hanya sebatas menilai serta memberi evaluasi dan memberi saran agar bisnis mereka semakin optimal. Sejumlah dosen yang melakukan pengawasan pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Djumilah Zain, SE. ; Dr. Sumiati, SE., MSi. ; Sugeng Pinando, SE., M.Pd. ; Sri Palupi Prabandasari, SE., MM. ; Radityo Putro Handrito, SE., MM. ; Astrid Puspaningrum, SE., MM. ; dan Risca Fitri Ayuni, SE., MBA., MM.

Modal usaha para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan modal pribadi mereka dan nantinya keuntungan mereka juga untuk mereka pribadi. Dengan begitu mahasiswa akan terlatih untuk memaksimalkan sumber daya yang ada. Akan tetapi kedepannya, ada wacana untuk ada bantuan dana dari pihak jurusan. Pada akhir kegiatan ada penghargaan bagi kelompok-kelompok yang dinilai paling baik setelah memenuhi beberapa kriteria. Para mahasiswa dan mahasiswi juga diberi kebebasan berinovasi dan berkreasi dalam berwirausaha. Berbagai produk ditawarkan dalam ajang ini, seperti berbagai kreasi makanan, pakaian, aksesoris, dan sepatu. Ada pula yang berjualan dengan format Garage Sale.

Dengan adanya eksekusi secara langsung seperti ini, para mahasiswa akan lebih mengetahui dan berpengalaman bagaimana proses bisnis sebenarnya. Sehingga setelah menempuh mata kuliah yang berkaitan dengan Kewirausahaan dan mengikuti kegiatan ini, mereka telah siap terjun ke masyarakat sebagai seorang Entrepreneur. Siap bertindak sebagai pembuka lapangan kerja bukan hanya pencari lapangan kerja. Kegiatan serupa rutin dilaksanakan di FEB tiap semester. Entrepreneurship Day juga membantu tujuan Universitas Brawijaya untuk menjadi World Class Entrepreneurial University. (azm/ris)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan