FEB UB Optimis dalam Peer Review Visits ABEST21

Penyembelihan dan Penyaluran Hewan Kurban dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1437 H
12 September 2016
Kuliah tamu "Manajer Mengajar" oleh PT. (Perseroan) Distribusi PLN area Malang
15 September 2016

14322377_1302451393128549_7041647078439570745_nDalam rangka memenuhi akreditasi internasional untuk Program Magister Akuntansi dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) menggelar acara Peer Review Visits oleh ABEST21. Acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Dekanat FEB UB tersebut, mengundang beberapa tim Peer Review Visits diantaranya, Dr. Fumio Itoh (President of ABEST21), Dr. Gagaring Pagalung dari Universitas Hasanuddin (Indonesia), dan Dr. Tee Keng Kok dari Putra Business School (Malaysia).

Acara ini bertujuan untuk mereakreditasi program magister yang akan jatuh tempo pada Maret 2017. Pada dasarnya, proses akreditasi oleh ABEST21 diawali dengan melengkapi persyaratan berupa laporan dan dokumen terkait pengelolaan program oleh fakultas. Kemudian dilanjutkan dengan tahap visitasi langsung yang diselenggarakan hari ini (14/9). Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah dokumen dan laporan yang disampaikan mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

Peer Review Visit diawali dengan interview terhadap Jajaran Eksekutif Rektorat UB, kamudian secara eksklusif dilanjutkan dengan interview terhadap manajemen FEB UB. Segenap jajaran dekanat yang turut hadir dalam acara tersebut, antara lain Dekan FEB UB, Prof. Dr. Candra Fajri Ananda, SE., MSc., Ph.D., Dr. Gozali Maski, SE., MS., Dr. Aulia Fuad Rahman, SE., M.Si., Ak., Dr. Fatchur Rohman, SE., M.Si., Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE., M.Com.Hons., Ph.D., Drs. Ali Djamhuri, Ak., M.Com., Ph.D., Dodi Wirawan Irawanto, SE., M.Com., Ph.D., dan beberapa dosen lainnya.

Pada sesi interview tersebut, Prof. Dr. Candra Fajri Ananda, SE., MSc., Ph.D. memaparkan mengenai sejarah, misi, dan rencana pengembangan strategis yang dirancang oleh FEB UB dengan mottonya, yakni Transforming, Harmonizing, dan Creating Futures. Selain itu, Beliau juga menerangkan bahwa birokrasi di FEB UB sudah berlandaskan pada Good Governance Government atau tata kelola pemerintahan yang baik. Melalui landasan-landasan tersebut, diharapkan dapat tercapainya visi fakultas, yaitu “Becoming a higher education institution in economics and business that has international reputation, entrepreneurial spirit and spiritual insight”.

Sesuai dengan The Spirit of ABEST 21 yang terdiri dari Globalizing, Humanizing, dan Colaborating, FEB UB pada dasarnya telah mengimplementasikan poin-poin tersebut dalam kehidupan kampus. Globalizing misalnya, lingkungan kampus dilengkapi dengan green area, smoking area, dan penyediaan fasilitas wi-fi di sekitar fakultas. Nilai Humanizing juga dapat dilihat dengan disediakannya fasilitas wheel chair path bagi penyandang disabilitas dan pelaksanaan kurikulum yang tidak hanya didasarkan atas nilai intelektualitas, namun juga nilai spiritualitas. Kerjasama FEB UB dengan perusahaan dan industri eksternal, juga menjadi bukti terimplementasinya nilai Colaborating.

Selain sesi interview dengan jajaran dekanat, tim Peer Review Visit juga melakukan wawancara terhadap beberapa mahasiswa dan alumni FEB UB untuk memastikan keselarasan informasi antara pihak penyelenggara pendidikan dengan mahasiswa dan alumni. Acara kemudian dilanjutkan dengan site visits, dimana tim reviewer mengunjungi tempat-tempat strategis seperti ruang kelas dan perpustakaan. Acara kemudian diakhiri dengan final team meeting dan final debriefing meeting dengan jajaran dekanat.

Dalam kesempatannya, Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE., M.Com.Hons., menerangkan bahwa FEB UB optimis akan memperoleh adreditasi international dari ABEST21 untuk 5 tahun ke depan. Dengan memperoleh akreditasi dari ABEST21, seluruh komponen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya diharapkan mampu mengembangkan kualitas pendidikan yang lebih baik dan berdaya saing dengan universitas lain baik lokal maupun internasional. (gde)