FEB UB Perluas Kerjasama Internasional dengan Burapha University, Thailand

Kuliah Umum dan Konsultasi Publik “Mengkritisi UU 23/2011 Tentang Pengelolaan Zakat”
14 April 2012
Summer International Courses 2012
18 April 2012

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang unggul di sektor pariwisata. Dikenal sebagai Negara Gajah Putih, sektor pariwisata Thailand masih unggul dibandingkan dengan sektor pariwisata di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) pernah mengirimkan mahasiswanya untuk menempuh studi di Negara Gajah Putih itu, tepatnya di Burapha University. Berlokasi di Bangsaen, Chonburi, (100 km dari Bangkok), Burapha University telah memiliki jalinan kerjasama dengan FEB UB khususnya dalam menggelar program Double Degree. Dan, Rabu (18/4) bertempat di Ruang Sidang Utama, FEB UB, Patchanee Nonthasak (Dean of Faculty of Management and Tourism) beserta staff hadir di FEB UB melakukan lawatan guna membicarakan kemungkinan kerjasama lebih lanjut diantara kedua institusi tersebut.

Jalinan kerjasama yang pernah dibangun dengan Burapha University yaitu penyelenggaraan program Double Degree. Kala itu, mahasiswa Magister Manajemen (MM) FEB UB  yang telah menyelesaikan semester 1 dan 2 di MM FEB UB dikirim untuk menyelesaikan sisa kredit dan tugas akhir (tesis) di Burapha University. Program ini juga memberikan dua gelar sekaligus kepada mahasiswa yaitu Magister Manajemen (MM) dan Master of Business Administration (MBA).

Dalam pertemuan yang berlangsung 1 hari penuh itu, Dekan Fakultas Manajemen dan Pariwisata, Burapha University beserta staff berkesempatan melakukan campus tour dengan mengunjungi fasilitas dan ruang perkuliahan yang ada di FEB UB (Gedung D dan Gedung F FEB UB) didampingi oleh pimpinan fakultas diantaranya Dr Fatchur Rohman (Ketua Jurusan Manajemen FEB UB), Dr Noermijati (Ketua Program Magister Ilmu Manajemen), Devantho, PhD (Ketua Program Internasional Ilmu Ekonomi), Dr Andarwati (Ketua Program Internasional Ilmu Manajemen, Mizbahuddin Azzuhri, SE.,MM (Sekretaris Jurusan Manajemen FEB UB), dan 2 alumni Double Degree FEB UB (Risca Fitri Ayuni, SE.,MM.,MBA dan Agung Nugroho Adi, SE.,MM.,MBA.

Usai berkeliling kampus, rombongan menuju Ruang Sidang Utama untuk bertemu dengan Gugus Irianto, SE.,MSA.,PhD.,Ak,(Dekan FEB UB), Dr Khusnul Ashar (Pembantu Dekan I), pimpinan program internasional FEB UB, Devantho, PhD dan Dr Andarwati, serta para pimpinan Program Pasca Sarjana FEB UB, Prof Armanu Thoyib dan Ali Djamhuri, PhD. Dipaparkan oleh masing-masing pihak mengenai profil serta pengalaman-pengalaman kerjasama dengan institusi lain. Kemungkinan kerjasama yang dibicarakan yaitu penyelenggaraan program double degree untuk sarjana dan pascasarjana, kuliah tamu, seminar/konferensi, pertukaran mahasiswa sarjana dan pascasarjana, dan kegiatan akademik lainnya. (ris)