<!–:en–>FORSTRACK (FORSTILLING TRACKING) 2015 “Through Sillaturahim Realize Muslim Scientists Towards Jannatunna'im”<!–:–><!–:id–>FORSTRACK (FORSTILLING TRACKING) 2015 “Melalui Sillaturahim Wujudkan Ilmuan Muslim Menuju Jannatunna’im”<!–:–>

(Indonesia) Tim Putri EBBRAU Raih Posisi Runner-up pada Ajang Violet Competition
3 June 2015
<!–:en–>GPS (GOOD PERSONALITY SESSION) 2015 By BEM – FEB UB<!–:–><!–:id–>GPS (GOOD PERSONALITY SESSION) 2015 By BEM – FEB UB<!–:–>
3 June 2015

Alhamdulillahirobbil ‘alamin. Puji syukur ke hadirat Robbi Izzati, Allah SWT atas limpahan segala rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, yang telah mengamanahkan amanah mulia berupa pelaku dalam pembumian syariat Islam sebagai syariat yang diridhoi-Nya. Semoga kita dapat mengemban amanah mulia ini yang kontribusinya telah lama dinantikan oleh umat dan peradaban dunia utnuk menghapus segala kedzoliman di muka bumi. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, para shahabat, serta pengikutnya yang tetap istiqomah menjalankan risalah Islam dengan lurus.

Nikmat yang kita rasakan selama ini adalah karunia Allah SWT yang sebenarnya merupakan tahapan yang bagaimanapun harus dijalani sebelum menemui kebinasaan atau ajal yang menjadi sunnatullah dari setiap makhluk Allah yang bernyawa. Bulan ramadhan adalah bulan dimana Allah SWT menyediakan waktu untuk kita mentafakuri segalanya, menengok ke belakang tentang apa yang telah kita perbuat baik kebajikan maupun kemaksiatan. Bulan penuh rahmat yang selalu ditunggu oleh semua umat Islam untuk semakin mendekat kepada Sang Illahi dan mengharap fitrahnya jiwa dan raga.

Setiap muslim wajib menuntut ilmu. Rasulullah saw bersabda: “Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan”. Allah memberikan keutamaan dan kemuliaan bagi orang-orang yang berilmu dalam firman-Nya dalam Al-Qur`an surat Al-Mujaadilah ayat 11 : “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”. Orang-orang yang berilmu akan pula dimudahkan jalannya ke syurga oleh Allah dan senantiasa didoakan oleh para malaikat.

Sebenarnya ilmu hanyalah merupakan suatu alat untuk mendekatkan diri kita kepada Allah. Adapun fungsi ilmu itu antara lain adalah :

  1. Sebagai petunjuk keimanan (QS. 22:54, 3:7, 35:28)
  2. Sebagai petunjuk beramal

“Seorang alim (berilmu)dengan ilmUNYa dan amal perbuatannya akan berada di dalam syurga, maka apabila seseorang yang berilmu tidak mengamalkan ilmUNYa maka ilmu dan amalnya akan berada di dalam syurga, sedangkan dirinya akan berada dalam neraka” (HR. Daiylami)

Kemudian bila melihat sauri teladan seorang Imam Syafiiy yang sangat rajin dan tekun menuntut ilmu, walaupun sering menderita kesukaran dan kekurangan untuk membeli alat-alat perlengkapan belajar seperti kertas, tinta, dan sebagainya. Namun karena semangatnya yang tinggi maka beliau sering mencari tulang-tulang dan mengumpulkannya dari jalanan untuk ditulis di atasnya pelajaran yang diperoleh atau mencari kertas bekas untuk menulis. Catatan beliau sangat banyak sampai memenuhi gubuk sehingga beliau tidak bisa tidur berbaring karena gubuknya sudah penuh sesak. Akhirnya beliaui mencoba menghafalkan semua catatan yang telah ada sehingga semuanya terekam dalam hati dan tercatat dalam otak. Syairnya yang terkenal berbUNYi :

“Ilmuku selalu bersamaku ke mana aku pergi

Kalbuku yang telah menjadi gudangnya dan bukan lagi peti-peti

Bila aku berada di rumah, ilmuku pun bersamaku pula di rumah

Dan bila aku di pasar, ilmuku pun berada di pasar”

Beliau belajar dari banyak guru, tidak pernah merasa cukup akan ilmu yang dimilikinya, selalu haus akan ilmu, dan bila mendengar ada ilmu baru maka beliau akan mengejarnya walaupun harus menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan. Beliau telah diberi izin untuk mengajar dan memberi fatwa kepada khalayak ramai dan diberi jabatan sebagai guru besar di dalam Masjidil Haram karena kepintarannya tersebut, walaupun usianya masih muda sekali yaitu 15 tahun. Imam Syafiiy dihormati baik oleh pengusaha negeri maupun masyarakat awam yang berada di tempat beliau tinggal karena keluhuran dan ketinggian ilmUNYa. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Mujaadilah ayat 11, maka telah terbukti bahwa Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu sebagai keutamaan mereka karena tidak jemu-jemUNYa menuntut ilmu baik itu ilmu pengetahuan maupun ilmu agama.

“Katakanlah, Apakah sama orang-orang yang berilmu dengan orang-orang yang tidak berilmu? sesungguhnya hanya orang-orang berakal lah yang menerima pelajaran” (QS Az Zumar:9). Dari Al-qur’an di atas di jelaskan bahwasannya orang yang berilmu di harapkan dapat mengambil pelajaran lebih dari orang yang mungkin belum ada kesempatan di muka bumi ini untuk memperoleh ilmu secara lebih, di harapkan Lembaga Kerohanian Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FORSTILLING), berusaha mencontoh aplikasi-aplikasi ilmu, baik dalam sharing ilmu maupun pengetahuan manajerial muslim sejati dan menjadikan ilmu ini nantinya akan lebih bermanfaat baik di masyarakat maupun umumnya, lingkungan FEB khususnya. Salah satu metode yang dilakukan adalah melakukan studi banding di rohis Universitas Negeri Yogyakarta. Sebab tempat tersebut dirasa telah sukses dalam setiap elemen-elemen ilmu. Sehingga FORSTILLING dan elelmen mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, perlu mengunjungi tempat tersebut dengan tujuan mampu membuka mindset dan pola pikir untuk hidup mandiri dengan menjunjung risalah-risalah islam. Dan saat nanti terjun dan menjadi bagian dari masyarakat maka para alumni FORSTILLING dan rekan –rekan yang ikut serta dalam acara ini, mampu termotivasi secara nyata.

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN

  • Sebagai wahana bagi seluruh warga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk menimba ilmu melalui media studi banding
  • Sebagai ajang untuk mengaktualisasikan jati diri sebagai muslim
  • Memperkuat solidaritas ukhuwah antar kaum muslim
  • Membuka mindset mahasiswa untuk hidup mandiri sebagai seorang muslim dan termotivasi mendirikan usaha yang bermanfaat bagi umat islam.

TEMA KEGIATAN

Melalui Sillaturahim Wujudkan Ilmuan Muslim Menuju Jannatunna’im

PELAKSANAAN KEGIATAN

Tanggal                       : 6 – 8 Juni 2015

Waktu                         : 10.00 WIB – selesai

Tempat                        : Rohis Universitas Islam Indonesia

SUSUNAN ACARA

FORSTRACK (FORSTILLING TRACKING)

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

No. Pukul (WIB) Keterangan
1. 10.00 – 11.00 Persiapan keberangkatan
11.00 – 13.00 Sholat Dhuhur
2. 13.00 – 13.30 Pembukaan,

·         Pembukaan oleh MC

·         Pelepasan oleh Kemahasiswaan Dekanat

·         Doa keberangkatan bersama

3. 13.30 – 04.30 Perjalanan Menuju Yogyakarta
4. 04.30 – 07.00 ISHOMA

·         Bersih Diri

·         Sholat Shubuh

·         Makan Pagi

5. 07.00 – 08.30 Menuju UII
6. 08.30 – 11.30 Presentasi,

·         oleh pengurus UII tentang dakwah kampus

·         oleh Pihak FORSTILLING tentang dakwah kampus

·         Tanya jawab

·         keliling UII untuk meninjau kondisi dakwah kampus UII

7. 11.30 – 12.30 ISHOMA

·         Istirahat

·         Sholat Dzuhur

·         Makan siang

8. 12.30 – 13.00 Penutupan

·         Penyerahan kenang-kenangan cindramata oleh kedua belah pihak

9. 13.00 – 14.00 Perjalanan menuju ke perusahaan
14.00 – 16.00 Presentasi,

·         Oleh pihak company visit

·         oleh Pihak FORSTILLING tentang kewirausahaan lembaga dakwah

·         Tanya jawab

10. 16.00 – 16.30 Perjalanan ke tempat makan
11. 16.30 – 17.30 Menuju tempat oleh-oleh
12. 17.30 – 19.00 Menuju ke penginapan

PENDAFTARAN PESERTA

Pendaftaran dilaksanakan mulai 4-31 Mei 2015

  1. Sekretariat Forstilling FEB UB
  2. FB, Twitter, and Email

CONTACT PERSON

  1. Subkhan Syaukani 085725709169

Rohmatul Ummah                   085706703710

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan