GSENT (GUNADARMA SHARIA ECONOMIC EVENT) 2017

Reforming HMJM Through Integrity
5 May 2017
ACCOUNTING LEAGUE 2017
5 May 2017

Islam merupakan rahmat bagi alam semesta. Ajarannya meliputi semua aspek kehidupan yang mengantarkan kita pada kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Salah satunya  merupakan aspek ekonomi,  yang  sudah  cukup  lama  umat  Islam  Indonesia  menginginkan  sistem  perekonomian berbasis syariah untuk dapat diterapkan dalam segenap aspek  sebagai pedoman bagi  kehidupan bisnis  dan  transaksi  umat.  Perekonomian  masyarakat  luas  akan  menjadi  lebih  baik  bila menggunakan kerangka kerja atau acuan norma-norma yang benar. Sebagaimana Islam yang kita yakini sebagai satu-satunya agama yang  berasal dari Sang  Pencipta, begitupun  ekonomi Islam. Maka, untuk dapat berperan aktif dalam usaha pencapaian ekspektasi tersebut, Sharia Economic Forum (SEF)  menggelar acara  akbar yaitu Gunadarma Sharia Economic Event 2017  sebagai wadah  bagi  para  mahasiswa  yang  memiliki  ketertarikan  terhadap  ekonomi  syariah  untuk meningkatkan intelektualitas dan kemampuan dalam proses pencapaian tujuan bersama  untuk membumikan ekonomi syariah di Indonesia.

            Indonesia  merupakan satu dari beberapa negara yang tergabung dalam  Organization of Islam Conference  (OIC),  sebuah organisasi yang bertujuan untuk membentuk persatuan  pada negaranegara Islam, kerjasama di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan. Namun, fakta yang terjadi saat ini, negara-negara yang tergabung dalam OIC kualitasnya masih di bawah rata-rata dunia  dari segala aspek  kehidupan.  Fakta ini tentu bukan  merupakan kabar gembira bahwa  ternyata  permasalahan  serius  tersebut  masih  menjangkiti  negara-negara  OIC  dari  segi pendidikan, standar hidup maupun kesehatan.

Oleh karena  itu,  melalui  rangkaian acara  Gunadarma Sharia Economic Event 2017 dengan tema besarnya yaitu  “Preserving The Maqasid Al-Shariah through  The  Sustainable Development Goals Actualization”,  Sharia Economic Forum  (SEF) Universitas Gunadarma  dengan bangga mempersembahkan  perhelatan  akbar  National  Islamic  Economic  Olympiad  2017,  kami mengangkat  topik  yang  sedang  hangat  ke  tengah-tengah  seluruh  mahasiswa  Indonesia  yang peduli  akan  kesejahteraan  umat  sekaligus  memfasilitasi    generasi  muda  untuk  turut menyumbangkan ide serta kontribusi  aktifnya  dalam mengelola tantangan dan peluang dengan cermat.  National Islamic Economic Olympiad  2017  akan mengusung tema besar  yakni:  “Paving The Way of Islamic Economics and Finance: Inclusive Innovations”

Acara ini berlangsung selama 4 hari yaitu tanggal 5-8 April 2017, dengan rangkaian yang pertama adalah babak tes tulis dan dilanjutkan dengan debat ilmiah dan diakhiri dengan studi kasus. Setelah itu akan diambil 4 finalis yang nantinya harus melaksanakan student conference sebagai penentu juara.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan