Guest Lecture Series (GLS): #1 Kuliah Tamu Ketua IKA FEB UB Penanda Dimulainya GLS

FEB Mengikuti Lomba Senam Aerobic
26 March 2014
Mahasiswa JA FEB UB Kembali Meraih Gelar Juara dalam Olimpiade Akuntansi Tingkat Nasional
27 March 2014

Kamis (27/03), Acara Guest Lecture Series dalam rangka “Bakti Alumni FEB UB” resmi dimulai. Kegiatan yang telah masuk ke dalam kurikulum FEB UB bertujuan agar mahasiswa mengerti akan praktik langsung di dunia kerja, sehingga harapannya para lulusannya mampu bersaing dan dapat diandalkan di dunia kerja. Pengisi materi untuk seri yang pertama adalah Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA FEB UB); Mardiwibawa, SE., MM.

Guest Lecture Series (GLS) merupakan bukti nyata sumbangsih para alumni dalam bidang akademik dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman praktik mereka kepada para mahasiswa. GLS, yang diprakarsai IKA FEB UB, akan mendatangkan para alumni sukses dari berbagai latar belakang pekerjaan, yang tersebar di seluruh Indonesia dan  dunia. GLS akan menjadi wadah penyambung silaturrahim antara alumni dan FEB sehingga dapat terus bersama-sama mengembangkan FEB UB terutama dalam bidang akademik.

Materi yang di sampaikan pada GLS #1 berjudul “Peran Perbankan dalam Pembangunan: Mengembangkan UMKM”, mengapa harus mengembangkan UMKM? Karena di Indonesia 90% dari pengusaha di Indonesia adalah UMKM, BRI, dimana Ketua IKA saat ini menjadi pimpinan Kantor Wilayah Malang, sebagai salah satu bank umum yang ada di Indonesia sukses membangun UMKM, terbukti 76% dari Kreditur yang mengajukan kredit kepada Bank BRI adalah UMKM, sedangkan untuk BRI Kanwil Malang 99% dari Krediturnya adalah UMKM, suatu bukti yang nyata dari Bank BRI. Dengan memberikan kredit kepada UMKM Bank BRI juga bisa mendapatkan laba yang cukup fantastis, pada akhir tahun 2013 bank ini berhasil memperoleh laba 21.160 Triliun dan sebagai bank yang mendapatkan laba terbesar di tahun 2013, dengan laba sebanyak itu BRI berhasil menyumbangkan 22% dari Produk Domestic Bruto (PDB) Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa UMKM di Indonesia bukanlah hal sepele yang bisa dilupakan. (ilh/azh)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan