Guidance Mentoring and Management Da'wah

BEAT ATTACK Economics and Business Dance Club (EDC)
17 December 2015
PAPER AND ENTREPRENEUR CREATIVE INSTITUTE (PECI) FORSTILLING
17 December 2015

Mentoring merupakan suatu pembinaan berbasis karakter yang diharapkan hasil dari mentoring akan membentuk mahasiswa yang berbudi pekerti baik, mahasiswa yang berkualitas, dan berkarakter Islami. Mentoring biasanya diadakan setiap satu minggu sekali secara kontinyu yang terdiri dari mentor dan mentee. Mentor disini bertindak sebagai pemimpin kelompok mentoring dan merupakan kakak tingkat sehingga memiliki pengetahuan lebih.

Mentoring merupakan suatu hal yang penting bagi dunia dakwah kampus dengan mentoring maka akan menciptakan kader dakwah dengan bibit unggul.  Mentoring sering diibaratkan dengan sumsum tulang belakang LDK dimana mentoring, ketika tulang belakang baik maka akan menciptakan dakwah yang baik dan sebaliknya. Karena hal tersebut harus ada perhatian khusus kepada kegiatan mentoring.

            Menyadari akan pentingnya hal tersebut maka dibuatlah kegiatan Binari Najwah  (Pembinaan Mentoring dan Manajerial Dakwah ).Pembinaan Mentoring dan Manajemen Dakwah (BINARI NAJWAH) adalah kegiatan bidang kaderisasi dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di Forstilling. Pada periode ini, Binari Najwah dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 1 Mei 2015 yang bertempat di Aula A3 Gedung A FEB UB. Kegiatan ini merupakan acara yang wajib diikuti oleh seluruh anggota Forstilling. Pada kegiatan ini, disampaikan beberapa materi tentang Urgensi Mentoring Dalam Membentuk Karakter & Mentoring Make You Move. Tujuan diadakannya Binari Najwah ini yaitu sebagai training atau pelatihan para anggota Forstilling agar siap berkontribusi dalam dakwah dan siap dalam membina mentoring seperti Pembinaan Budi Pekerti (PBP) dan lain sebagainya. Hasil akhir dari kegiatan ini yaitu para peserta mampu mengasah kemampuan public speaking dan juga paham terhadap mekanisme membina dalam mentoring sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan-kegiatan sejenisnya.

            Selain itu dengan tema “ from zero to hero” juga memberikan materi terkait dengan bagaimana cara membina. Dalam mentpring sendiri poin pentingnya adalah proses transfer nilai antara mentor dan binaannya. Mentor diharapkan dapat membina menteenya dan memberikan ilmu juga pengalamannya sehingga binaannya menjadi berfikir secara islami. Selain itu mentoring juga diharapkan memberikan rasa bagi binaan bagai di sebuah keluarga , sehingga tugas mentor tidak hanya membina melainkan sebagai guu, pemimpin, kakak, sahabat maupun da’i. Dengan berbagai peran tersebut maka penting sekali untuk membina dengan baik seorang mentor sebelum memberikan transfer ilmu kepada mentornya.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Comments are closed.