Hadapi “Tuntutan”, LDC FEB UB Segera Luncurkan Program Baru

Prospek Kerja Akuntan pada Bidang Syariah, Masih Sangat Terbuka Lebar
15 May 2014
Harusnya CSR Tidak Hanya untuk Sosial, namun juga untuk Lingkungan
20 May 2014

Tuntutan akan penguasaan bahasa asing semakin lama semakin terdesak untuk dipenuhi. Seorang mahasiswa tidak dapat dengan mudahnya meraih gelar kesarjanaan (baik S1, S2 dan S3) meskipun secara akademik dinyatakan berhasil, apabila ia tidak dapat memenuhi score minimum bahasa asing yang disyaratkan oleh institusi pendidikan (TOEFL/TOEIC). Aturan serupa juga telah lama diterapkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) untuk semua jurusan di tiap jenjang pendidikan. “Sebagai contoh di jenjang S1, mahasiswa Jurusan Manajemen dan Ilmu Ekonomi harus memiliki score TOEFL min 450, sedangkan Jurusan Akuntansi mewajibkan mahasiswanya memiliki minimal TOEFL score 475”, jelas Lita Damayanti  (Koordinator Akademik Learning Development Center/LDC).

Menyikapi hal itu, LDC, sebuah lembaga dibawah naungan FEB UB yang menawarkan program bahasa asing, khususnya bahasa inggris segera meluncurkan program-program baru. “LDC memiliki beberapa program yang telah berjalan diantaranya tes dan kursus TOEFL (privat atau regular), jasa penerjemahan,jasa Proofreading dan Editing”, tambah Lita yang juga menjadi staf pengajar di LDC. Bahkan dalam waktu dekat, LDC dibawah kepemimpinan Adri Putra Nugraha, SE.,MPA.,Ak akan meluncurkan 3 program baru yaitu TOEIC Test, English for Occupational Purposes dan English for Academic Purposes.

Program ini didasarkan pada tuntutan pada dunia akademik dan dunia kerja. “Untuk English for Occupational Purposes, LDC menawarkan pelatihan listening, speaking dan writing untuk menghadapi wawancara kerja, membuat surat lamaran kerja dan biodata diri, surat bisnis, dan presentasi bisnis. Sedangkan untuk English for Academic Purposes, kami menyebutnya sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) LDC kepada mahasiswa FEB UB, berupa pelatihan membaca dan menulis karya ilmiah. Untuk TOEIC Test, LDC akan memulainya minggu depan”, jelas Lita. Tidak hanya menawarkan program bebayar dan gratis, LDC dalam menjalankan programnya selalu menyisipkan kemandirian mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya. “Jadi, walaupun dibantu oleh LDC, kami juga membimbing mahasiswa untuk meningkatkan kualitas bahasa inggrisnya”, tegasnya. (ris)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan