HALAL BIHALAL FEB UB: Mempererat Silaturahmi

Dosen dan Karyawan FEB UB Penerima Penghargaan
17 August 2012
Daftar Kelompok Ordik FEB UB 2012
29 August 2012

Selasa (28/8), bertempat di Basement Gedung E Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB), telah berlangsung halal bihalal dosen, karyawan, serta mahasiswa FEB UB. Acara yang mengusung tema “Mempererat Tali Silaturahmi” tersebut berlangsung selama kurang lebih 2 jam yang turut mengundang jajaran Dekanat FEB UB baik yang masih menjabat atau yang pernah menjabat. Halal bihalal yang dimulai pukul 11 siang tersebut juga turut mengundang Prof. Dr. Eko Afnan Troeno yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Brawijaya periode 1998-2002.

Acara dibuka dengan sambutan Dekan FEB UB, Gugus Irianto, SE, MSA, Phd, Ak yang mengatakan bahwa Halal Bihalal FEB UB ini sebagai sarana dalam mempererat silaturahmi antar semua pihak, baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa FEB UB. “Saya juga mengucapkan selamat datang kepada Rektor Universitas Brawijaya periode 1998-2008, para Dekan FEB UB periode terdahulu, serta seluruh keluarga besar FEB UB,” jelas beliau saat membuka acara. Dekan FEB UB juga menyampaikan informasi terkait prestasi yang telah diraih oleh FEB UB yaitu akreditasi internasional oleh ABEST21 (yang pertama di Indonesia), akreditasi BAN PT bagi program studi S1, S2, S3 Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Akuntansi, peraih UBAQA secara berturut-turut, dan pengiriman mahasiswa untuk pertukaran pelajar ke beberapa negara. Disamping itu, Dekan juga menyampaikan perjalanan FE UB hingga berubah nama FEB UB yang merupakan tonggak sejarah transformasi kelembagaan fakultas yang telah berdiri sejak 50 tahun silam ini.

Tidak kurang dari 6 Dekan FEB UB yang pernah menjabat sejak tahun 1976 turut hadir meramaikan acara silahturahmi keluarga besar FEB UB ini, diantaranya Dra. O.S. Hastoen Harsono (Dekan FE UB periode 1976-1982), Drs. Moch. Soleh (Dekan FE UB periode 1982-1988), Prof.DR. Ubud Salim SE, MA (Dekan FE UB periode 1988-1992), Drs. Abidin Lating MS (Dekan FE UB periode 1992-1998), Prof. DR. Umar Burhan SE, MS (Dekan FE UB periode 1998-2001), Prof.DR Bambang Subroto SE, MM, Ak (Dekan FE UB  periode 2005-2009), serta Gugus Irianto SE, MSA, Phd, Ak (Dekan FEB UB periode 2009 sampai sekarang).

Acara yang ditutup dengan agenda bersalam-salaman serta ramah tamah ini berlangsung dengan sukses dengan harapan mampu mempererat silaturahmi antar sesama pihak dan keluarga besar FEB UB. Dalam materi ceramah yang dijelaskan oleh Drs Sulaiman Wahab, M.Ag, diulas perihal pentingnya silaturahmi dan menghargai serta mensyukuri apa yang kita peroleh. Melalui ceramahnya, salah satunya yaitu mengutip pendapat Imam Al-Qurthubi mengenai silaturahmi. Silahturahmi dibagi menjadi 2 yaitu silaturahmi umum dan silaturahmi khusus. ”Silaturahmi umum yaitu rahim dalam agama, yang mana wajib disambungkan dengan cara saling menasehati, berlaku adil, menunaikan hak-hak yang wajib dan yang sunnah. Sedangkan silaturahmi khusus yaitu dengan cara memberi nafkah kepada kerabat”, paparnya.  Drs Sulaiman Wahab, M.Ag juga menambahkan, ”Sesuai surat An Nahl ayat 90 bahwa Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku ‘adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (ay/ris)