<!–:en–>HMJA: Brawijaya Accounting Fair 2014<!–:–><!–:id–>HMJA: Brawijaya Accounting Fair 2014<!–:–>

<!–:en–>HMJA: Accounting Meeting 2014<!–:–><!–:id–>HMJA: Accounting Meeting 2014<!–:–>
13 February 2015
<!–:en–>HMJA: Diskusi Cerdas Jurusan Akuntansi 2014<!–:–><!–:id–>HMJA: Diskusi Cerdas Jurusan Akuntansi 2014<!–:–>
13 February 2015

Seminar Nasional

Pertama, kegiatan dilakukan pada hari Senin 10 November 2014 adalah mengisi absen di pintu masuk Gedung Widyaloka UB dan peserta mendapatkan goody bag berisi seminar kit, snack, teh kotak, dan handout pemateri. Selanjutnya, para peseta yang hadir dipersilahkan duduk ditempat yang sudah disediakan. Setelah beberapa peserta berkumpul tepat pukul 09.00 acara pun dimulai dibuka langsung oleh :

  1. Laporan Ketua Pelaksana Brawijaya Accounting Fair 2014
  2. Sambutan Dekan FEB UB

Saat peserta duduk di tempat yang telah disediakan di Gedung Widyaloka UB peserta mendengarkan laporan dari ketua pelaksana, dan sambutan Dekan FEB UB. Setelah sambutan selesai, MC menyampaikan untuk memulai acara. Pukul 08.30 MC memulai acara seminar untuk memasuki sesi pertama.. Pada materi sub tema pertama yang bertemakan “Perkembangan Terkini Standar dan Regulasi Profesi Akuntansi” disajikan oleh Bapak Agus Suparto, MBA., Ak. Selanjutnya sub tema kedua bertemakan “Rancang Bangun Profesi Akuntan” disajikan oleh Bapak Dr. M. Achsin, Ak., CPA., CA. dan Bapak Heliantono, CPA., CA., CIFR., M.Ak. Pada pukul 14.00 peserta dipersilahkan istirahat untuk melakukan ishoma. Saat keluar dari ruangan, peserta mendapatkan makan siang dan dapat melakukan shalat dzuhur yang telah disediakan di mushalla belakang gedung dekanat. Lalu, peserta kembali ke ruangan untuk mengikuti rangkaian acara kembali. Sebelumnya, peserta mengisi kembali daftar absen.

Pada pukul 13.00 – 15.30, kegiatan dimulai kembali dengan memasuki materi Acounting Knowledge Bazaar dengan tema “Persiapan Akuntan Dalam Menghadapi Perubahan Standar Akuntansi” yang dibagi menjadi dua kelas. Kelas pertama membahas tentang Instrumen Keuangan yang disajikan oleh Ibu Dr. Dwi Martani, Ak., MM. Dan kelas kedua membahas tentang Aset tetap yang disajikan oleh Bapak M. Jusuf Wibisana, M.Ec., Ak., CPA., CA.

Pada pukul 16.00, kegiatan seminar ini telah berakhir dan peserta dipersilahkan untuk meninggalkan ruangan. Lalu rangkaian acara dilanjutkan untuk technical meeting para peserta kompetisi. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 18.00, dan setelah itu para peserta diantar kembali ke hotel dan rangkaian acara hari pertama telah berakhir.

Accounting Case Analysis Competition

Accounting Case Analysis Competition merupakan kompetisi analisis kasus antar mahasiswa jurusan akuntansi se-Indonesia. Para peserta diharapkan dapat menganalisis suatu kasus secara menyeluruh dan komprehensif. Peserta dapat menganalisis kasusnya dari berbagai sudut pandang misalnya akuntansi keuangan, akuntansi keuangan lanjutan, auditing, etika bisnis, dan disiplin ilmu lain yang berkaitan. Kompetisi analisis ini dilaksanakan pada tanggal 11 November 2014 di FEB UB. Kompetisi analisis kasus ini terdiri dari tahap yaitu tahap We Challenge You, Keep or Move, dan Speak It Out. Tahap We Challenge You merupakan tahap dimana para peserta diberi kasus awal sebelum akan melanjutkan tahap selanjutnya di FEB UB pada 11 November 2014. Tahap Keep or Move merupakan tahap dimana peserta diberi kasus tambahan terkait kasus awal dan tahap ini diikuti oleh seluruh peserta tahap We Challenge You. Tahap Keep or Move dimulai pada pukul 09.00 WIB karena terdapat kendala pada WiFi kampus FEB UB yang sedang diperbaiki.

Hal ini tentu mengalami kemunduran waktu kompetisi yang seharusnya dimulai pada pukul 08.00 WIB. Selanjutnya, tahap Speak It Out diikuti oleh 7 tim dengan akumulasi nilai tertinggi dari tahap-tahap sebelumnya. Tahap Speak It Out dilaksanakan setelah ISHOMA yang dilakukan di rumah makan Lesehan Ayam Yogyakarta. Tahap ini berakhir pada pukul 18.00 WIB. Para peserta berasal dari berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Trisakti, Universitas Bunda Mulia, Universitas Negeri Surakarta, Universitas Jember, Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Petra, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan Universitas Surabaya.

Running on BAF dan Gala Dinner

Pukul 07.00 mobil yang digunakan untuk peserta sudah stand by di depan penginapan peserta untuk penjemputan. Setelah panitia dan peserta selesai persiapan, pukul 08.00 mobil berangkat menuju arah Kota Batu. Tujuan pertama wisata adalah Alun-alun Kota Batu. Di Alun-Alun Kota Batu, panitia memberikan games kecil. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok untuk melakukan games tersebut.

Sekitar pukul 12.30 acara dilanjutkan untuk berwisata di Musium Angkut. Para peserta kompetisi dan panitia menghabiskan waktu di Musium Angkut hingga pukul 15.00. Setelah itu peserta kembali ke penginapan untuk melakukan persiapan gala dinner. Pada pukul 18.00, peserta diajak ke Best Western OJ Hotel untuk mengikuti gala dinner.

Acara Gala Dinner dimulai dengan laporan ketua pelaksana, sambutan ketua himpunan dan sambutan dari ketua jurusan. Setelah itu peserta dan perwakilan dari jurusan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Setelah menikmati hidangan, panitia mengumumkan hasil dari Accounting Case Analysis Competition. Best team 1 diraih oleh Universitas Surabaya, Best team 2 diraih oleh Universitas Atmajaya, Best team 3 diraih oleh Universitas Kristen Petra. Acara Gala Dinner ditutup dengan penyerahan hadiah serta piala kepada pemenang. Sedangkan Best team Running on BAF diraih oleh Tim 5.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan