BERITA ACARA KELAS KEPENULISAN 2019

Rapat Akhir Kepengurusan (RAK)
16 November 2019
TEMU ILMIAH EKONOMI SYARIAH NASIONAL (TIES-NAS) 2019
17 November 2019

Kelas Kepenulisan merupakan program kerja Departemen Penelitian dan Penalaran (PnP) Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME) Universitas Brawijaya yang bertujuan untuk membangun minat dan memberi wadah bagi mahasiswa FEB UB untuk menuangkan ide kreatif dalam bentuk karya ilmiah. Kelas Kepenulisan berlangsung selama dua semester dimulai pada tanggal 19 Februari 2019 sampai dengan 17 November 2019. Kegiatan ini dilaksanakan satu minggu sekali tepatnya pada hari selasa di Aula Gedung Utama Lantai 3 FEB UB dengan sasaran peserta seluruh mahasiswa aktif FEB UB yang beminat dan tertarik dalam menulis karya ilmiah bahkan berniat untuk mengikuti lomba. Dalam penyelenggaraannya, Kelas Kepenulisan dipandu oleh dua orang MC dan satu orang pemateri yang sudah ahli dalam bidang menulis karya ilmiah.

Pada semester genap  telah diselenggarakan selama delapan kali pertemuan, enam diantaranya membahas materi dan dua pertemuan mengenai lomba kelas kepenulisan. Materi yang diberikan mulai dari menemukan ide, penulisan karya tulis ilmiah, metode penulisan hingga public speaking. Pemateri kelas kepenulisan terdiri dari mahasiswa berprestasi FEB UB dan dosen FEB UB yang memiliki segudang prestasi dan pengalaman dalam lomba karya tulis ilmiah di tingkat nasioanal maupun internasional. Pemateri Kelas Kepenulisan pada semester genap yaitu Rizki Damar Fadillah (Mawapres FEB UB 2018), Azhar Syahida (Alumni LSME), Bu Dr. Asfi Manzilati, SE.,ME. (Dosen FEB UB), Bu Intan SArtika Eris Maghfiroh (Dosen FEB UB), Dikau Tondo Prasetyo (Alumni LSME) dan M Farhan Aziz (Mawapres FEB UB 2019). Serta dua pertemuan lainnya membahas mengenai Lomba Kelas Kepenulisan dengan juri Dikau Tondo Prasetyo dan Laili Salista.

Pada pertemuan semester ganjil dilakukan selama delapan kali dengan tujuh kali membahas materi dan satu pertemuan mengenai Lomba Kelas Kepenulisan. Materi yang disampaikan mengenai pencarian ide esai, penulisan esai, business plan, perhitungan BEP (break event point), hingga public speaking.

Pemateri terdiri dari mahasiswa FEB UB, mahasiswa luar fakultas dan dosen FEB UB yang memiliki pengalaman dalam penulisan dan lomba business plan. Pemateri Kelas Kepenulisan pada semester ganjil terdiri dari Ananda Ramadhani (Mahasiswa FEB UB), Fahmi.P. (Anggota RKIM), Syaban Fauzan Attalah (Mahasiswa FIA UB), Bu Sherlinda Octa Yuniarsa, SE., M.Sfc (Dosen FEB UB), Yakub Al-Kindi (Mahasiswa Wirausaha) dan  M. Rikza Maulana (Mahasiswa FTP UB).

Kelas kepenulisan berlangsung selama 2 jam yaitu dari pukul 15.30 s/d 17.30 WIB. Acara  dimulai dengan pembukaan dari MC dilanjutkan dengan penyampaian materi, sesi tanya jawab dan diakhiri dengan praktek atau kuis yang berupa permainan. Acara berlangsung dengan kondusif dan tidak membosankan karena disediakan makanan ringan, minuman dan pembagian hadiah bagi yang memenangkan permainan di akhir acara.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan