(Indonesia) Dirjen Perbendaharaan Keuangan Menunjang Keberhasilan Tugas Pemerintah

Photography Competition FEB UB
6 October 2015
Pelaksanaan Wisuda Periode III Tahun Akademik 2015/2016
7 October 2015

Selasa, (6/10) bertempat di gedung A lantai 2, Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB), telah dilaksanakan kegiatan ”Short Course Training of Trainer Goverment Finance Statistic”. Tema yang diusung pada kesempatan kali ini adalah ”peranan data keuangan pemerintah dalam pengambilan kebijakan fiskal yang berkualitas, yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan pengelolaan ekonomi makro nasional”. Terselenggaranya acara tersebut merupakan bentuk kerjasama antara FEB UB dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Kementrian Keuangan Republik Indonesia dalam program Treasury Goes to Campus.

Acara tersebut dihadiri oleh 38 peserta, yang terdiri dari 33 perwakilan kantor wilayah (kanwil) dari seluruh provinsi di Indonesia dan 5 diantaranya perwakilan dari direktorat akuntansi dan pelaporan keuangan. Adapun pembicara pada agenda tersebut yaitu Nurkholis, Ph.D., Ak., CA., Beliau merupakan ketua jurusan sekaligus dosen jurusan Akuntansi yang telah lama bergelut di berbagai penelitian khusunya dalam bidang keuangan serta akuntansi.

Berbagai materi penting menyangkut sistem penghitungan keuangan dan metode akuntansi dibahas dalam agenda tersebut, diantaranya mengenai bagaimana mengadopsi akuntansi akrual dalam perhitungan keuangan hingga membahas mengenai standar akuntansi yang harus dimiliki oleh suatu negara. Pembicara menilai, bahwa instansi di sektor publik harus memberikan laporan yang baik kepada publik ataupun masyarat luas, sehingga instansi tersebut harus memiliki sistem pelaporan yang baik.

Saat ini, Kanwil Dirjen Perbendaharaan mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, pengendalian, evaluasi, dan pelaksanaan tugas dibidang perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Kanwil Dirjen Perbendaharaan berperan sangat penting dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas pemerintah dan pembangunan di daerah. Peran Kanwil Dirjen perbendaharaan secara tidak langsung turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi melalui dukungan kelancaran penyaluran dana APBN sebagai stimulus pertumbuhan ekonomi di daerah. (feb/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan