E-JOURNEY 2019 HMJIE MEMPERSEMBAHKAN PEMBELAJARAN DAN REKREASI DENGAN TEMA PERKEMBANGAN EKONOMI DI ERA MILENIAL

Indikator Journalism Today (IJT)
3 November 2019
Internasional Scholarship Expo (ISE) 2019
4 November 2019

Tentang E-Journey 2019

E-Journey 2019 adalah salah satu program kerja di Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HMJIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali serangkaian acara kunjungan di pemerintah-pemerintah dan perusahaan serta bidang trip yang akan diselenggarakan pada akhir bulan Oktober sampai awal November.

Secara umum tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah untuk meningatkan peran serta mahasiswa untuk mampu menunjang suatu eksistensi HMJIE FEB UB. Meningkatkan dan menunjukan sensitivitas sosial mahasiswa dalam mengkritisi keadaan ekonomi terkini yang ada di Indonesia. Sedangkan tujuan khusus yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah : Bersilahturahmi dan menjalin hubungan yang baik dengan instansi dan perusahaan yang dituju. Memperluas wawasan mahasiswa mengenai usaha-usaha apa saja yang bisa dikembangkan dan diciptakan. Melahirkan pengusaha-pengusaha muda mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya.

Rangkain acara pada program kerja E-Journey 2019. Rabu, 30 Oktober 2019 dimulai dari pemberangkatan menuju Jakarta yang ditempuh kurang lebih dengan waktu 12 jam. Sesampai di Jakarta pada Kamis, 31 Oktober 2019 kurang lebih sekitar pukul 8 pagi, kita melakukan kunjungan ke Bank Indonesia. Disana kita melakukan kegiatan Company Visit, Seminar tentang peran ekonomi digital dalam mendukung pertumbuhan dan inklusi keuangan di Indonesia dan penyampain materi serta tanya jawab.

 

 

 

Setalah kami mengunjungi Bank Indonesia kami melanjutkan perjalanan menuju PT. Global Digital Niaga (BLIBLI.COM) dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam di PT. Global Digital Niaga kita melakukan Tour instansi serta Seminar dan tanya jawab dengan tema Bagaimana perusahaan tersebut mengelola sebuah e-commerce. Setalah itu kita melanjutkan perjalanan menuju hotel dan free time di hotel.

Keesokan harinya yaitu pada hari Jum’at, 1 November 2019 kita melakukan kunjungan di Indonesia Stock Exchange dengan perjalanan kurang lebih 1 jam. Di Indonesia Stock Exchange kita melakuakan sistem seminar, tour instansi dengan tema Bagaimana pihak Indonesia Stock Exchange menyelenggarakan dan menyediakan sistem untuk penawaran jual dan beli Efek. Setelah berkujung ke Indonesia Stock Exchange kita melanjutkan perjalanan menuju UI dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam  untuk melakukan Studi Banding dengan himpunan Ilmu Ekonomi UI dengan memperkenalkan himpunannya masing-masing dan akan membahas tentang perkembangan ekonomi di era milenial.

Setelah kita ke UI kita menuju perjalanan ke Bandung dengan perjalanan kurang lebih 2,5 jam untuk menuju ke hotel. Pada hari Sabtu 2 November 2019 kurang lebih jam 9 pagi kita berkunjung ke Pemerintahan Jawa Barat dengan sistem seminar di gedung sate dan tanya jawab dengan materi Bagaimana Pemerintahan Jawa Barat mengelola ekonomi kreatif di daerahnya. Setelah acara di Pemerintahan Jawa Barat kita menuju ke Masjid Raja Bandung untuk melakukan sholat serta makan siang. Setelah itu kita menuju ke Cihampelas dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Di Cihampelas kita melakukan free time disana, selanjutnya kita menuju perjalanan ke Bandung Creative yang ditempuh kurang lebih 1 jam. Disana kita melakukan Workshop dan seminar serta sistem tanya jawab yang membahas tentang macam-macam industri kreatif di Bandung. Setelah melakukan kunjungan ke Bandung Creative kita perjalanan menuju Malang.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan