FEB UB Dorong Publikasi Jurnal Mahasiswa Program Pascasarjana

Labour Market and Firm Competitiveness in Indonesia: Some Issues and Challenges
19 February 2018
Tes Kesehatan Pengadaan Jasa Perorangan Penjaga Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang
20 February 2018

Banyak tips dan trik yang di berikan kepada mahasiswa Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (PPs FEB UB).

Tips dan trik tersebut dipaparkan dalam Guest Lecture bertajuk “Getting Ahead International Academic Journal Publication” yang berlangsung Senin (19/2/18) bertempat di Aula Bintuni Lantai 7 PPs FEB UB.

Tidak tanggung-tanggung PPs FEB UB menghadirkan nara sumber dari Australia. Prof. Hadrian G. Djajadikerta (Professor di Edith Cowan University, Australia).

Wakil dekan bidang akademik FEB UB, Abdul Ghofar menyampaikan program peningkatan kualitas publikasi jurnal UB mewajibkan mahasiswa Doktor untuk publikasi 2 jurnal terindeks scopus sesuai peraturan Rektor UB terbaru.

Menurut Prof. Hadrian, dalam publikasi jurnal banyak kriteria yang harus diketahui. “Ranking of Jurnal dan lihat Publishers-nya”, paparnya. Dalam mencari jurnal yang cocok harus sesuai dengan bidang penelitian, tujuan dan ruang lingkupnya. Banyak jurnal yang di tolak dalam publikasi dikarenakan tidak sesuai dengan kriteria jurnal. “Baca artikel di jurnal itu, maka anda akan rasakan kriteria dari jurnal itu”, tambahnya.

Tidak hanya dalam publikasi jurnal internasional, mahasiswa PPs FEB UB juga mengalami kendala dalam penulisan disertasinya terkait ide penelitian yang bisa tembus jurnal internasional bereputasi scopus. Ide penelitian muncul apabila sudah baca paper sesuai area bidang penelitian dan yang terpenting adalah cari GAP. Langkah awal dengan mencari GAP yang relevan sesuai data penelitian dan menjadikan kontribusi. “Jurnal tanpa kontribusi akan ditolak,” tambahan Prof. Hadrian.

“Tiap jurnal mempunyai audience. Mereka punya karakteristik macam-macam,” imbuh moderator Dodi W. Irawanto, Ph.d. sekaligus menutup acara Guest Lecture.

Tinggalkan Balasan