(Indonesia) First Day: Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2 Maba) Akuntansi FEB UB 2015

PUBLISHING BULLETIN INDIMOLOR EDITION INTRODUCTION OF NEW STUDENTS CAMPUS LIFE (PK2MABA) FEB-UB 2015
31 July 2015
BRAWIJAYA ACCOUNTING FAIR 2015 (BAF’15) “Facing New Challenges and Opportunities of the Asian Pacific Integration”
3 August 2015
Para Maba mendapat penjelasan tentang perkuliahan

Para Maba mendapat penjelasan tentang kehidupan kampus

Rabu (2/8), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) menyelengggarakan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2 Maba) Tahun Ajaran 2015/2016. Acara tersebut di gelar di beberapa tempat, seperti lapangan parkir, Gedung F, Gedung E, dan Gedung Utama FEB UB. Sekitar lebih dari 930 mahasiswa baru FEB UB berkumpul sejak pukul 05.30 untuk mengikuti serangkaian acara PK2 Maba hari pertama. Dari jumlah tersebut sekitar lebih dari 200 orang merupakan maba jurusan akuntansi.

Dalam acara PK2 Maba tersebut, maba akuntansi dikenalkan tentang sistem akademik FEB UB dalam sesi Orientasi Mahasiswa (Ormawa) masing-masing jurusan yang diisi oleh dosen-dosen pengajar. Acara yang hanya berdurasi 40 menit tersebut dihadiri oleh sekitar 32 maba akuntansi tiap kelas. Dalam acara tersebut mereka dikenalkan tentang sistem perkuliahan mahasiswa tiap semesternya, konsentrasi yang ada di jurusan akuntansi, sistem penilaian IP serta IPK, dan alur mata kuliah yang akan diambil oleh masing-masing mahasiswa.

Lebih dari itu, para dosen juga menanamkan nilai-nilai moral kepada maba melalui pengenalan tentang “Pelanggaran Etika Akademik” . Hal tersebut merupakan komponen baru dalam Buku Panduan Akademik yang telah dibagikan kepada masing-masing maba. Pelanggaran Etika Akademik terdiri atas 3 komponen pelangggaran, yaitu ringan, sedang, dan berat. Sanksi yang diberikan pun beragam bergantung pada tingkat pelangggarannya. Pelanggaaran ringan misalnya, jika meninggalkan kewajiban/tugas tanpa izin atau menggunakan handphone di kelas, akan dikenakan sanksi berupa teguran atau di keluarkan dari kelas bersangkutan.

Seorang maba akuntansi, Dimas Arif, berpendapat bahwa “Kegiatan yang melelahkan disebabkan karena tempat acaranya yang berpindah-pindah, sehingga perlu tenaga untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain”. Meskipun demikian, kebanyakan dari mereka menyadari bahwa semua itu diberikan atas dasar tujuan yang positif untuk maba FEB UB. Mereka dilatih untuk bersikap tangguh dan bertanggung jawab tidak hanya melalui kegiatan orientasi yang super sibuk tetapi juga dengan tugas yang menumpuk. Diharapkan melalui kegiatan PK2 Maba tersebut, mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan kampus FEB UB. (gde/the/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Comments are closed.