<!–:en–>Kuliah Perdana dan Bedah Buku bersama Prof. Dr. Anwar Nasution<!–:–><!–:id–>Kuliah Perdana dan Bedah Buku bersama Prof. Dr. Anwar Nasution<!–:–>

<!–:en–>Kuliah Perdana, Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) Pascasarjana & Bedah Buku<!–:–><!–:id–>Kuliah Perdana, Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA) Pascasarjana & Bedah Buku<!–:–>
2 March 2015
Call for paper "Best Practices untuk Pembangunan di Indonesia"
4 March 2015

Senin (02/03/15) suasana Kuliah Perdana Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) Semester Genap 2014/2015 dan Bedah Buku yang terselenggara di Aula Gedung F tampak begitu ramai dengan ratusan mahasiswa terlihat memadati ruangan dan menempati kursi yang telah disediakan panitia. Bahkan panitia terlihat kewalahan dan begitu sibuk karena jumlah peserta yang datang melebihi perkiraan. Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini adalah “Melipatgandakan Kemakmuran Indonesia Melalui Integrasi Lokal dan Global”.

Respon positif dan mimik penasaran terlihat dari para peserta yang hadir. Pemateri pada gelaran kali ini adalah Prof. Dr. Anwar Nasution. Beliau adalah salah seorang yang mendapat kehormatan tersendiri karena yang diminta langsung oleh penulis buku “The Sum is Greater than The Part” untuk menulis kata pengantar berbahasa Indonesia.

Beliau membahas tentang perekonomian Indonesia yang terbilang belum benar-benar teratur karena kebijakan pemerintah yang kerap berubah-ubah. Sehingga lalu lintas perdagangan dalam negeri banyak terganggu. Walaupun pada dasarnya Indonesia tergolong negara yang besar dan tercatat memiliki lebih dari tujuh belas ribu, namun lalu lintas perdagangan didalamnya kurang terstuktur. Pasar perdagangan tekotak-kotak sehingga menyebabkan arus lalu lintas perdagangan kurang lancar. Hal tersebut tampak dengan kurang terintegrasinya perekonomian, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur. Pertumbuhan di wilayah Indonesia bagian timur tergolong lebih lambat, khususnya pada bidang ekonomi, apabila dibandingkan dengan Indonesia bagian barat.

Dalam buku ini diharapkan nantinya pada tahun 2025, Indonesia mampu menjadi negara yang besar di asia bahkan di dunia. Namun terlepas dari hal itu Indonesia membutuhkan pertumbuhan ekonomi yang mampu tumbuh diatas 7,85% per tahunya. (feb/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan