(Indonesia) LSME Kaderisasi PKM DIKTI melalui Training & Brainstorming PKM FEB UB

(Indonesia) Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa, Jurusan Manajemen Persiapkan Tutor
20 September 2015
(Indonesia) FEB UB Berperan Aktif dalam Gelaran GCBSS
20 September 2015
Achmad Zaky, SE., MSA., Ak., SAS., CMA., CA., sedang memaparkan materi dihadapan peserta Training and Branstorming PKM FEB UB

Achmad Zaky, SE., MSA., Ak., SAS., CMA., CA., sedang memaparkan materi dihadapan peserta Training and Branstorming PKM FEB UB

Sabtu (19/09), Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME) menggelar acara “Training and Brainstorming” Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB). Acara ini merupakan pelatihan melalui seminar yang dikolaborasikan dengan talkshow yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang PKM Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Pada dasarnya, Training and Brainstorming PKM FEB UB merupakan program kerja tahunan LSME, khususnya departemen Penelitian dan Penalaran. Namun, dalam prakteknya acara tersebut digagas oleh beberapa anggota LSME dari departemen yang berbeda seperti Kewirausahaan, Humas, Sekad, dan SDM sebagai bentuk solidaritas LSME.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari puluhan mahasiswa FEB UB tesebut, terdiri atas tiga sesi. Dimulai dengan Sharing Pengalaman dan Motivasi yang dibawakan oleh tiga finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Tahun 2015, yakni Muhammad Arganata (PKM-K), Dhimas Fuad Hassan (PKM-M), dan Pramudika Alfian Kumara (PKM-GT). Dalam sharing tersebut, peserta disuguhi berbagai informasi ter-up to date mengenai Pimnas dalam bentuk Talkshow dan tanya jawab. Selain itu, di penghujung sesi acara narasumber juga memberikan kata-kata memotivasi untuk membangkitkan semangat para peserta dalam berkarya dan berkreativitas.

Sesi dedua dibawakan oleh Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si., yang sempat beberapa kali menjadi juri pada ajang Pimnas. Dalam sesi tersebut peserta diberikan pemahaman tentang apa itu PKM Dikti, jenis-jenisnya hingga tips-tips agar PKM dapat lolos dalam ajang Pimnas. Acara yang juga dhadiri oleh sejumlah mahasiswa baru FEB UB 2015 dipandang sebagai kaderisasi yang baik oleh Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si.. Diharapkan mereka dapat menjadi bibit pengagas kreativitas yang andal suatu saat nanti.

Sesi Teknik Kepenulisan Proposal PKM Dikti dan Penggalian Ide, dibawakan oleh Achmad Zaky, SE., MSA., Ak., SAS., CMA., CA. Peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut, tampak saat sesi tanya jawab berlangsung. Perserta bertanya terkait proposal PKM yang telah mereka rancang untuk diajukan ke Dikti.

Dalam presentasinya, Achmad Zaky, SE., MSA., Ak., SAS., CMA., CA., mengatakan sebagian besar PKM yang tidak lolos pada pengajuan proposal dikarenakan unsur administratifnya yang menyalahi aturan atau kurang lengkap. “Sebanyak 47.000 proposal PKM yang diajukan, kurang lebih hanya 13.000 proposal yang lolos pada tahap administratif. Prestasi UB dalam pengajuan porposal PKM sangat membanggakan, bagaimana tidak ketidaklolosan pada tahap administratif hanya kurang dari 5%,” pungkasnya. (gde/the/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)