Indonesia masih Memerlukan Pengusaha Baru dalam Jumlah Besar

FEB Berperan Aktif dalam Kerja Sama antara UB dengan PT. PII
22 December 2013
Mahasiswa FEB Sukses Adakan Konser Perayaan Dies Natalis FEB yang ke 52 Tahun
23 December 2013

Rangkaian kegiatan Dies Natalis FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) ke 52 tahun terus berlanjut. Sesuai dengan visi UB yang ingin menjadi World Class Entrepreneurial University, FEB terus menerus mengadakan kegiatan bertema kewirausahaan secara intens. Mulai dari kuliah tamu, seminar, pelatihan, pembinaan hingga praktek lapangan tentang kewirausahaan. Pada tanggal 19 Desember 2013 lalu, CEO MNC Group, yakni Hary Tanoesoedibjo menjadi pemateri dalam Kuliah Umum Kewirausahaan yang mengusung tema “Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa. Kegiatan ini diadakan di Gedung Widya Loka UB (Universitas Brawijaya). Peserta Kuliah Umum kali ini tidak hanya mahasiswa dan para dosen, namun juga dihadiri oleh sejumlah asosiasi pengusaha UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) binaan FEB dari berbagai daerah di Jawa Timur. Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito dan Dekan FEB, Prof. Candra Fajri Ananda, SE., M.Sc., Ph.D. juga turut hadir. “FEB dan UB memiliki komitmen bersama untuk terus menghasilkan pengusaha-pengusaha muda”, ujar Prof. Candra Fajri Ananda, SE., M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya ketika akan membuka gelaran Kuliah Umum kali ini.

Hary Tanoesodibjo mengawali usaha dibidang sekuritas setelah menyelesaikan study S1 bidang Asset Management dan S2 Corporate Finance di Kanada. Ketika mengawali usahanya tersebut, Beliau belum memiliki pengalaman kerja. “Sukses itu butuh proses. Umumnya diawali dari bawah”, jelas Beliau. Sejumlah perusahaan pernah Beliau akuisisi untuk kemudian dikembangkan menjadi lebih baik, lalu sebagian dari perusahaan yang telah diakuisisi tersebut dijual kembali. Tercatat, Beliau juga pernah mengakuisisi PT. Bentoel dan PT. Astra.  Singkat cerita Beliau sukses dan tertarik dengan bisnis media informasi, lalu mendirikan MNC (Media Nusantara Citra) yang kemudian berkembang hingga sebesar saat ini, lebih dari 200 perusahaan berada dibawah naungan MNC Group.

Kini MNC Group yang Beliau pimpin telah mempekerjakan lebih dari 30.000 karyawan dan pada tahun 2012 lalu, pihaknya membayar pajak pada kisaran angka 1,3 Triliun Rupiah. Dalam Grup Bisnis ini, terdapat 8 perusahaan yang telah Go Public dengan kapitalisasi ke 8 perusahaan tersebut mencapai lebih dari 90 Triliun Rupiah. Bidang usaha MNC group meliputi media, properti, jasa keuangan, pertambangan, jalan tol, investasi dan lain-lain. Dalam beberapa tahun kedepan MNC juga berniat menambah konektivitas internet dengan membangun fiber optic di kota besar untuk menunjang layanan 4G atau LTE.

Hary Tanoesodibjo kerap memotivasi para anak muda untuk menjadi seorang pengusaha, karena dengan banyaknya pengusaha akan tercipta lapangan kerja, setidaknya untuk diri sendiri. Keberadaan pengusaha muda di Indonesia juga akan sangat berdampak positif bagi perkembangan Indonesia. Dengan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa dan penduduk Indonesia yang didominasi oleh usia produktif, Indonesia memiliki potensi yang sangat besat untuk menjadi suatu negara maju. Maka dari itu Indonesia haruslah dikelola secara baik dan optimal untuk memaksimalkan potensi-potensi tersebut.

Dalam kesempatan kali ini Beliau juga membagikan kiat-kiat sukses untuk menjadi sukses.“Fokus pada Kualitas, Kecepatan, Berinteraksilah dengan lingkungan yang tepat, Konsisten, Berdoa dan Memasrahkan hasil pada Tuhan”, jelas Beliau. Sebelum memikirkan hal-hal tersebut, perlu didahului dengan adanya tujuan karir yang jelas. Sehingga tercipta harapan, semangat, motivasi dan kreatifitas. Pada akhir acara, MNC media memberikan sejumlah uang pembinaan bagi 10 orang mahasiswa berprestasi, 3 dosen teladan dan seorang doktor termuda. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan