Membanggakan, Mahasiswa FEB UB Meraih Juara 2 dalam KBMK 2019 yang diadakan oleh KEMENRISTEKDIKTI

BERITA ACARA ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT 2 HIMPUNAN MAHASISWA PASCASARJANA FEB UB 2019
15 September 2019
OJK To Millenial, Free Entry
17 September 2019

(dari kiri) Arvin Sujitno/IE 2016 &
Vicky Achmad Maulana/Akuntansi 2016

Malang, FEB UB – Prestasi Membanggakan Mahasiswa FEB UB meraih juara 2 dalam ajang Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan 2019 yang diadakan oleh KEMENRISTEDIKTI pada 13-14 September 2019 di Institut Teknologi Bandung, (dari kiri) Arvin Sujitno / IE 2016, Vicky Achmad Maulana /Akuntansi 2016.

Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan merupakan kompetisi yang tidak hanya mengevaluasi kemampuan akademik dan nalar mahasiswa dalam bidang ilmu, tetapi juga merupakan sebuah upaya untuk mendekatkan kemitraan antara akademisi, dunia usaha dan pemerintah.

Dengan tema “Mendorong Kemajuan Ekosistem Dunia Usaha dengan Inovasi dalam Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan yang Menguatkan Jati Diri Bangsa dan Memanfaatkan Teknologi Bagi Sebesarnya Kesejahteraan Masyarakat”, pelaksanaan rangkaian kegiatan pada kompetisi ini dibagi menjadi rangkaian. Rangkaian kegiatan utama terdiri dari 4 kategori perlombaan yang mencakup perencanaan bisnis dengan aspek pemanfaatan teknologi, analisis kasus bisnis bidang pemasaran, riset investasi dan bidang keuangan audit investigatif.

Arvin dan Vicky mengikuti kategori perlombaan riset investasi. Kategori yang mereka ikuti terdiri dari beberapa babak hingga dapat meraih juara ke-2, mulai dari Penyisihan: Makalah dan Video presentasi, hingga Babak Final: Presentasi. “Pertama diadakan seleksi dulu dengan menganalisis dan memberi aksi rekomendasi terhadap saham astra, seleksi ini dilakukan dengan membuat paper dan juga video. Kemudian disaring menjadi 10 besar dan kasus yg diberikan adalah menganalisis saham Bluebird. Disaring lagi menjadi 5 besar dengan kasus membandingkan saham bluebird dengan saham comfortdelgro Singapura dimana kedua perusahaan ini menonjolkan sisi kuat di bidang taksi konvensional. Setelah itu pengumuman 4 pemenang lomba di setiap bidang. Tantangannya melihat kompetitor lain dari universitas ternama yang tentu juga sama-sama terjun di pasar modal membuat kita memutar otak untuk menunjukkan sisi yang menonjol dibanding dengan tim lainnya.” – Papar Vicky dalam menjelaskan mekanisme perlombaan.

“Yang penting ada 3 hal. Niat, Usaha dan Doa. Teman-teman harus punya niat lebih dan yakin bahwa teman-teman bisa dan jangan minder dengan tim lainnya. Usaha berlebih itu penting, relakan waktu istirahat kalian yang semula tidur 8-10 jam menjadi 3-5 jam demi mendapat hasil yang optimal serta latihan terus menerus tanpa henti, cari titik lebih pada kalian yang mungkin tidak dimiliki tim lain. Doa merupakan yang terpenting, jangan hanya ibadah wajib yang dilaksanakan tetapi juga ibadah sunnahnya. Bagi tementemen yang beragama non-muslim pasti memiliki doanya tersendiri untuk bisa menenangkan hati dan menimbulkan rasa optimis.” – Ujar Vicky dalam menyampaikan pesan motivasi.

Site Default
Site Default
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.