<!–:id–>Program Magister Akuntansi Selenggarakan Pelatihan Penulisan Tesis<!–:–>

<!–:en–>Pelatihan Siakad bagi Tenaga Kependidikan FEB UB<!–:–><!–:id–>Pelatihan Siakad bagi Tenaga Kependidikan FEB UB<!–:–>
7 March 2015
<!–:en–>Kuliah Tamu "Tips on How to Publish in International Journals dan Informasi Publikasi Internasional Terindeks Scopus<!–:–><!–:id–>Kuliah Tamu "Tips on How to Publish in International Journals dan Informasi Publikasi Internasional Terindeks Scopus<!–:–>
11 March 2015

Minggu, 8 Maret 2015 bertempat di Aula Lantai 7 Gedung F, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) melaksanakan Pelatihan Penulisan Tesis. Pelatihan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa Magister atau Strata 2 (S-2) dalam rangka persiapan untuk menulis tesis. Para mahasiswa program magister yang mengikuti pelatihan ini diwajibkan untuk membawa laptop masing-masing.

Pelatihan Penulisan Tesis ini di buka dengan sambutan singkat oleh Ketua Program Studi S-2, Ali Djamhuri, SE., M.Com., Ph.D., CPA., Ak. Setelah sambutan singkat yang disertai dengan pembacaan doa bersama, acara dimulai. Pelatihan Penulisan Tesis diawali dengan perkenalan secara singkat dari pemateri kepada seluruh mahasiswa yang hadir disana. Di sela-sela perkenalan diri Beliau, pemateri juga menyelipkan motivasi-motivasi untuk para peserta.

Perbedaan antara beberapa jenis karya tulis menjadi materi pertama yang disampaikan dengan penuh semangat oleh Ali Djamhuri, SE., M.Com., Ph.D., CPA., Ak. Para mahasiswa terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh pemateri sembari mencatat berbagai materi yang perlu di garis bawahi.

Menentukan subjek, predikat, objek, dan keterangan ( S – P – O – K ) mejadi salah satu pokok bahasan yang dibawakan oleh pemateri. S – P – O – K harus ditentukan dengan baik dan tidak boleh sampai tertukar posisinya. “Jangan sampai keterangan menjadi subjek atau subjek menjadi predikat” jelas Ali Djamhuri, SE., M.Com., Ph.D., CPA., Ak.

Ejaan di dalam penulisan kalimat seperti penulisan kata atau tanda baca juga di bahas secara mendalam oleh pemateri. Alinea dan ide pokonya juga menjadi hal yang sangat penting sehingga dijelaskan dengan seksama. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya ejaan dan ketentuan-ketentuan lainnya dalam kepenulisan sebuah karya ilmiah yang salah satunya adalah tesis.

Sepanjang Pelatihan Penulisan Tesis ini seluruh peserta mendengarkan materi yang disampaikan dengan antusias. Sesekali para peserta menggunakan laptop yang telah disiapkan untuk menemukan bahasan seperti yang diminta oleh pemateri. (the/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan