Tim Debat FEB UB Berhasil Meraih Juara 2 dalam Shariah Economic Week VI

Pelaksanaan Wisuda Periode XI T.A. 2017/2018
9 April 2018
Siswa-Siswi SMA Negeri 4 Madiun Kunjungi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
11 April 2018

MALANG-Mahasiswa FEB UB kembali mengharumkan nama fakultas dan universitas dalam kompetisi debat tingkat nasional. Kali ini tim delegasi yang beranggotakan Patrick Wandy N. (Ilmu Ekonomi 2014), Ajeng P. (Manajemen 2015), dan Taradiva Febiola (Ilmu Ekonomi 2016), berhasil mendapatkan juara 2 serta gelar best speaker (diraih oleh Taradiva Febiola)  dalam kompetisi debat yang diselenggarakan oleh HIMEPI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kompetisi debat ini tergabung dalam acara yang bertajuk Shariah Economic Week VI (SEW VI) yang dilaksanakan pada tanggal 2-4 April 2018 dan mengambil tema “Urgensi Industri Keuangan Syariah dalam Menyongsong Indonesia sebagai Negara Ekonomi Digital Terbesar Tahun 2024”. Dalam ajang ini ada empat event yang digelar secara bersamaan, yaitu Videography Competition, Olimpiade Ekonomi, Karya Tulis Ilmiah, serta Economics Debate Competition. Kompetisi ini pun diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di tanah air.

Selama persiapan Tara (panggilan akrab Taradiva Febiola), mengungkapkan bahwa tim delegasi sering melakukan latihdan debat di gedung UKM lantai 2 FEB UB. Bahkan para anggota tim pun rela memangkas waktu istirahatnya demi mengikuti latihan debat. Jadwal latihan yang ketat, dimaksudkan agar tim bisa maksimal dalam mengikuti perlombaan. “Iya kami bahkan berlatih hampir setiap hari, dimulai dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB”, ujar Tara.

Selain itu, ketika sejak mengikuti kompetisi ini, Tara juga menyatakan beberapa benefit yang diperolehnya. “Ketika mengkuti lomba debat di UMY ini, jaringan relasi yang kami peroleh semakin luas, karena tim yang bertanding memang berasal dari seluruh Indonesia dan mereka pun memiliki background pengalaman yang berbeda dengan kami”, imbuhnya. Selain itu, pada ajang ini, Tara dan teman-temannya juga merasa tertantang untuk mempelajari hal baru. “Ekonomi Syariah merupakan tantangan baru bagi kami, karena basic kami kan sebenarnya itu ekonomi konvensional”, ujar Tara. Melaui kompetisi ini, mereka pun memiliki tambahan pengetahuan mengenai Ekonomi Islam dan Ekonomi Syariah.

Melalui kompetisi ini, Tara pun mengungkapkan bahwa misi mereka ialah ingin memajukan nama FEB UB ditingkat nasional.  “ Sebenarnya diluar sana masih banyak lomba atau kompetisi yang belum dijamah oleh mahasiswa FEB UB, jadi disini kami ingin menunjukkan bahwa kami juga memiliki prestasi yang tidak kalah dengan mahasiswa dari universitas lain”, ujar Tara.

“Arti kemenangan itu bukanlah seberapa besar penghargaan yang telah kita dapat, tetapi kemenangan itu harus dimaknai lewat proses yang telah dilalui” – Taradiva Febiola

Arvin Sujitno
Arvin Sujitno
Student in Faculty of Economics and Business Universitas Brawijaya