Tingkatkan Pemahaman Praktek Perpajakan, ICATAS FEB UB Bekerja Sama dengan DJP Selenggarakan Jelajah Pajak

<!–:en–>Upgrading Penelitian LSME 2015: Light Up Your World by Research<!–:–><!–:id–>Upgrading Penelitian LSME 2015: Light Up Your World by Research<!–:–>
21 May 2015
Lokakarya Strategi Peningkatan Minat Mahasiswa Mengikuti PKM DIKITI FEB UB
25 May 2015
Arzhat Rizal Adryanto menyampaikan materi kepada peserta

Arzhat Rizal Adryanto menyampaikan materi kepada peserta “JEJAK”

Rekonsiliasi fiskal adalah proses penyesuaian atas laba komersial yang berbeda dengan ketentuan fiskal untuk menghasilkan penghasilan neto atau laba yang sesuai dengan ketentuan perpajakan. Rekonsiliasi fiskal merupakan salah satu materi dari mata kuliah Praktikum Perpajakan. Selama proses belajar mengajar ternyata diketahui bahwa rekonsiliasi fiskal merupakan materi yang sangat menarik untuk dikaji lebih dalam.

Sehubungan dengan kebutuhan para mahasiswa untuk pengkajian lebih lanjut terkait rekonsiliasi fiskal, Integrated Center for Accounting, Taxation and Assurance Services (ICATAS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) menyelenggarakan Jelajah Pajak (JEJAK) dengan mengusung tema “Kupas Tuntas Rekonsiliasi Fiskal”. Bertempat di Aula lantai tiga Gedung D FEB UB, JEJAK berlangsung sejak pukul 07.30 WIB. JEJAK menuai respon positif dari para mahasiswa, hal ini terbukti dengan jumlah peserta yang jauh melebihi ekspetasi awal dari jajaran panitia. Setidaknya lebih dari 200 peserta terdaftar dalam kegiatan ini. Pemateri yang dihadirkan adalah dua orang pemeriksa pajak, yakni Arzhat Rizal Adryanto, dan Anang Priyatna.

JEJAK diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan singkat dari Ketua Jurusan Akuntansi (JA), yaitu Nurkholis, SE., M.Buss., Ph.D., Ak. CA. dan sambutan dari Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III, Nur Falaq Rachmaningtiyas. Kemudian acara disambung dengan presentasi mengenai rekonsiliasi fiskal yang disampaikan oleh Arzhat Rizal Adryanto. Di dalam sesi presentasi, diskusi-diskusi kecil dilakukan oleh pemateri untuk menjawab pertayaan-pertayaan mahasiswa yang haus akan pengetahuan rekonsiliasi fiskal.

Presentasi yang dibumbui dengan diskusi-diskusi ternyata belum cukup untuk memuaskan dahaga akan ilmu dari para mahasiswa. Oleh karena itu, JEJAK dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dibawakan oleh Anang Priyatna. Di dalam sesi tanya jawab ternyata masih banyak pertanyaan yang bermunculan terkait materi yang telah disampaikan.

JEJAK diakhiri dengan pemberian souvenir bagi para mahasiswa yang aktif memberikan pertayaan atau berdiskusi dengan pemateri selama sesi presentasi dan tanya jawab berlangsung. Setelah, para pemateri menyampaikan kata-kata penutup beserta kesan dan pesan untuk para mahasiswa, JEJAK di tutup oleh pembawa acara dengan ucapan terimakasih serta foto bersama dengan jajaran panitia. (the/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan