Intellectual Dialogue of Economics (IDE XV) 2019

BERITA ACARA DIKLAT CIES 2019
26 August 2019
DIKLAT FORSTILLING FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2019
26 August 2019

Tentang Intellectual Dialogue of Economics (IDE XV) 2019

Intellectual Dialogue of Economics (IDE XV) 2019 adalah salah satu program kerja Departemen Litbang di Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi ( HMJIE ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Serangkaian acara lomba karya tulis ilmiah, diskusi nasional, seminar internasional dan fieldtrip yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober .

Secara umum tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran serta mahasiswa, khususnya pengurus HMJ IE FEB-UB dalam mengembangkan pribadi yang amanah untuk mengemban tugasnya dalam suatu wadah lembaga atau organisasi sehingga citra HMJIE FEB-UB kedepan diharapkan akan semakin meningkat. Adapun tujuan khusus yang ingin dicapai melalui kegiatan ini yaitu: meningkatkan dan menunjukkan sensitivitas sosial mahasiswa dalam mengkritisi keadaan terkini yang ada di Indonesia, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dan sikap mahasiswa IE di seluruh Indonesia khususnya yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil semaksimal mungkin, menunjukkan eksistensi, kompetensi, apresiasi serta konsistensi mahasiswa sebagai salah satu motor penggerak kemajuan Indonesia, menumbuhkembangkan daya kreatifitas dalam rangka memajukan potensi diri mahasiswa, membangun pola pikir intelek demi kemaslahatan dan perbaikan moral bangsa yang dimulai dari diri masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya, sebagai suatu sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat mahasiswa di bidang karya tulis ilmiah serta sarana aktualisasi peran mahasiswa sebagai government control maupun agent of change melalui media tulisan.

Rangkaian acara pada program kerja Intellectual Dialogue of Economics, terdiri dari 3 rangkaian.  Technical Meeting dari rangkaian acara IDE XIV ini merupakan agenda awal rangkaian kegiatan inti yang dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Oktober 2019 pada pukul 08.00-20.00 yang bertempat di Aula Gedung D lantai 2  FEB. Pada Technical meeting ini peserta dijelaskan penjelasan teknis terkait rangkaian acara, juga akan memaparkan teknis presentasi serta makan malam dan hiburan oleh pengisi acara.

Setelah dilaksanakan Technical Meeting, kemudian dilanjutkan dengan acara kegiatan kedua adalah Seminar Internasional yang diikuti para peserta lomba ataupun umum dengan target peserta 250 orang. Pada sesi ini, terdapat beberapa pembicara yang masing-masing akan memberikan penjelasan terperinci mengenai subtema yang diangkat pada lomba LKTIN yang diselenggarakan, serta sesi diskusi umum selama 120 menit dengan pembicara. Dan bertempat di  Aula Gedung F lantai 7 FEB UB

Acara ketiga ada Diskusi Nasional yaitu berupa,agenda diskusi internal antara semifinalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dengan pemateri seminar ekonomi. Membahas tentang ide dan gagasan dari seluruh semifinalis yang akan disampaikan melalui setiap ketua kelompok mengenai isu terkini. Kemudian hasil notulensi akan diajukan ke Pemerintah Kota Malang sebagai solusi atas permasalahan yang dibahas dan bertempat di Aula Gedung D lantai 2 FEB UB.

Untuk rangkaian kedua dilaksanakan pada hari Jum’at, 25 Oktober 2019 pada pukul 08.00 – 22.00 berupa kegiatan lomba LKTIN yang bertempat di Gedung F lantai 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya . Kegiatan ini dilaksanakan berupa presentasi Lomba Karya Tulis Ilmiah yang melibatkan mahasiswa seluruh PTN dan PTS se-Indonesia yang menyusun karya tulisnya sesuai dengan tema “Inovasi Millenial Untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Menuju Indonesia SDGs 2030” yang telah ditentukan oleh panitia. Dalam lomba karya tulis ini, akan terpilih 10 kelompok yang akan mempresentasikan karyanya di Aula gedung F lantai 7 FEB UB. Penentuan 10 kelompok ini, ditentukan oleh penilaian juri yang mempunyai kompetensi di bidang penulisan dan memahami tentang isu-isu ekonomi yang sedang aktual. Subtema yang disediakan dalam Presentasi LKTIN IDE XV adalah Pendidikan, Teknologi, Sosial Budaya, Pariwisata, Pertanian, Kesehatan, Maritim.

Rangkaian acara terakhir dari Intellectual Dialogue of Economics adalah Field Trip yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Oktober 2019 pada pukul 06.30 – 18.00 dan dilaksanakan di Jatim Park Group. Field Trip  peserta diajak  refreshing yang diadakan untuk menambah keakraban antara delegasi dan panitia IDE XV dan mengenalkan tempat wisata unggulan yang dimiliki oleh Kota Malang salah satunya, Selain itu dalam rangkaian Field Trip ini peserta juga diajak untuk mengunjungi pusat oleh-oleh khas yang ada di Kota Malang. Disini peserta diberikan waktu berbelanja makanan ataupun souvenir khas dari kota Malang untuk dibawa kembali ke daerah asal masing-masing dengan durasi selama 75 menit

Contact person

Kinan Muhammad R

185020101111032

082249629699

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan