Internasional Scholarship Expo (ISE) 2019

E-JOURNEY 2019 HMJIE MEMPERSEMBAHKAN PEMBELAJARAN DAN REKREASI DENGAN TEMA PERKEMBANGAN EKONOMI DI ERA MILENIAL
3 November 2019
ACCOUNTING COMPETITION FOR COLLEGE STUDENT 2019
4 November 2019

 

International Scholarship Expo (ISE) 2019 merupakan salah satu program kerja dari Departemen Advokesma BEM FEB UB yang bentuk kegiatannya adalah seminar dan pameran (expo) lembaga penyedia beasiswa dalam negeri dan luar negeri. Selain itu, juga dilengkapi dengan pelatihan pembekalan untuk pendaftaran beasiswa.

Kegiatan ISE ini juga menjadi perantara bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi terkait beasiswa, yang mana biasanya pihak birokrat fakultas maupun universitas dalam hal penyampaian informasi sering luput maupun kurang tersampaikan kepada mahasiswa. Sehingga diharapkan dengan terselenggaranya acara ISE ini, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada khususnya serta seluruh mahasiswa Brawijaya dan masyarakat pada umumnya dapat mengetahui info lebih luas mengenai beasiswa serta membangun semangatnya untuk mendapatkan beasiswa baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Jati diri bangsa sangat ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, sehingga diperlukan kader terbaik bangsa yang memiliki kecerdasan tinggi, sikap dan mental prima, daya juang dan daya saing tinggi, kemampuan yang andal serta nasionalisme sejati.

Melihat SDM Indonesia saat ini, untuk mendapatkan fasilitas pendidikan sangat susah terutama bagi masyarakat yang tidak mampu tetapi memiliki kemampuan dan ilmu pengetahuan yang luas serta berpotensi untuk membanggakan nama Indonesia. Tetapi terkadang, mereka yang tidak mampu hanya di pandang sebelah mata jika dilihat dari faktor ekonomi. Oleh karena itu, dengan adanya beasiswa yang diberikan oleh pemerintah bagi anak-anak yang berbakat di bidangnya  dan kurang mampu, seperti : Bidik Misi, siswa unggulan program sarjana , beasiswa unggulan program magister, dan masih banyak lagi.

Biaya pendidikan universitas yang tinggi menjadi alasan utama mengapa begitu banyak mahasiswa yang mencoba untuk mendapatkan beasiswa baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Karena begitu banyak mahasiswa yang mencoba untuk mendapatkan beasiswa, persaingan antar calon penerima beasiswa semakin ketat. Pemberi beasiswa juga semakin selektif dalam menyeleksi mahasiswa calon penerima beasiswa, sehingga setiap mahasiswa yang ingin mencoba mendapatkan beasiswa harus memiliki strategi – strategi tertentu agar dapat diterima.

Agar bisa lolos untuk mendapatkan beasiswa, maka sangat perlu diadakan kegiatan berupa pelatihan cara menulis essay yang baik dan cara menjawab pertanyaan wawancara dengan tepat. Kedua hal tersebut juga merupakan strategi yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan agar bisa lolos untuk mendapatkan beasiswa.

Tema dari kegiatan International Scholarship Expo (ISE) 2019 adalah Tembus Batas Gapai Cita Bersama Beasiswadengan bentuk kegiatannya yakni berupa seminar, pelatihan, dan expo.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 November 2019 (Seminar); dan pada hari Senin, 4 November 2019 (Expo).

 

 

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan