Islamic Children’s Character Building (ICCB)

BULETIN ACCOUNTING 2015 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI
10 December 2015
(Indonesia) Debat Terbuka Pemilwa FEB UB
11 December 2015

Pendidikan adalah sektor penting dalam pembangunan yang lebih bermoral dan modern. Pendidikan bukanlah hal yang akan luntur, bahkan pendidikan akan tumbuh berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Pendidikan seperti napas kehidupan yang memberikan nyawa agar tidak buta akan zaman. Sebagaimana tujuan pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia secara baik, bertanggung jawab dan bermoral, maka berbagai upaya perlu dilakukan agar bisa mencapai tujuan tersebut termasuk pendekatannya secara agamis.

Agama Islam sendiri sangat menjunjung tinggi kasih sayang, karena Islam adalah agama kasih sayang. Jika dilihat dari maknanya saja, Islam sudah mengandung unsur kasih sayang. Islam yang merupakan masdhar dari aslama-yuslimu memiliki arti keselamatan. Dalam Al-qur`an dan sunnah pun banyak di sebutkan tentang kasih sayang. Hal ini membuktikan bahwa kasih sayang memiliki peran penting dalam Islam dan sangat di anjurkan untuk diamalkan khususnya dalam proses mendidik anak. Dengan limpahan kasih sayang ini pula anak-anak akan lebih bisa menerima ketika kita menanamkan nilai-nilai Islam sebagai dasar pembentukan kepribadiaannya. Mengingat anak-anak akan lebih peka terhadap orang-orang yang di rasa tulus menyayanginya.

Di samping itu pembentukan karakter anak yang mandiri yaitu berjiwa entrepreneur, santun, berakhlak terpuji, berani, dan memiliki semangat yang besar untuk membangun negeri dan agamanya perlu dibentuk sejak dini dengan basis penanaman nilai ilmu pengetahuan dan IMTAQ. Namun sayangnya, kondisi masyarakat Indonesia saat ini untuk mewujudkan itu semua yang mayoritasnya dari kalangan masyarakat ekonomi menengah hingga menengah kebawah tidak memprioritaskan seperti demikian, oleh karena itulah sebagai wujud partisipasi kami (mahasiswa)  sebagai agent of change, Department Sosial Masyarakat (SOSMA) Forstilling FEB, berniat untuk melaksanakan sebuah program pelatihan pembangunan karakter kepada adik-adik asuh yang berada di bawah naungan Departement Sosial Masyarakat (SOSMA) selama ini dan sanggar-sanggar sekitar malang raya dengan tema “Meningkatkan Kecerdasan dan Kematangan Anak Indonesia berbasis IMTAQ ditengah Sekularisme dan Tuntutan Globalisasi.” Bersama program ini diharapkan akan lebih mudah tersampaikannya bimbingan karakter anak selama setahun ini dan pendidikan dasar keislaman kepada adik-adik asuh tanpa mengurangi fitrah mereka untuk bermain dan belajar. Sehingga Insya Allah kelak lahirlah generasi penerus bangsa yang memiliki kecerdasan intelektual dan emosional berlandaskan nilai-nilai Islam.

Tema Kegiatan :

“Meningkatkan Kecerdasan dan Kematangan Anak Indonesia Berbasis IMTAQ ditengah Sekulerisme dan Tuntutan Globalisasi.”

Kegiatan ICCB ini dilaksanakan sebanyak 15 pertemuan selama satu tahun dengan rincian sebagai berikut :

  1. Pembukaan ICCB pada tanggal 28 Februari 2015
  2. Acara rutin ICCB pada tanggal
  • 28 Maret dengan tema Aqidah “Iman kepada Allah”
  • 11 April dengan tema Akhlak “ Adab Pada Kedua Orang Tua”
  • 25 April dengan tema Sirah “Nabi”
  • 28 Mei dengan tema Aqidah “Islam”
  • 6 Juni dengan tema Ibadah “Puasa”
  • 19 September dengan tema Akhlak “Hak-Hak Orang Muslim”
  • 24 Oktober dengan tema Akhlak “Adab Pada Teman atau Tetangga”
  • 31 Oktober dengan tema Ibadah “ Wudhu”
  • 14 November dengan tema Ibadah “Sholat”
  1. Penutupan ICCB padatanggal 5 Desember 2015
  2. 11025205_791332817602131_3654924018273286349_n
Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan