JAMAL berbagi: Belajar Reviu Percepat Publikasi Artikel Anda

<!–:id–>Workshop Pembaharuan dan Penyusunan Manual Prosedur FEB UB<!–:–>
23 August 2014
Penetapan UKT Bagi Mahasiswa S2 dan S3 Tahun Akademik 2014/2015
26 August 2014

Malang (26/08) – JAMAL (Jurnal Akuntansi Multiparadigma) yang diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JA FEB UB) bekerja sama dengan MAMI (Masyarakat Akuntansi Multiparadigma Indonesia), menggelar Jamal Berbagi 2 pada Sabtu (23/8) bertempat di Ruang Sidang Utama FEB UB.

“Kecintaan pada ilmu mendorong kami menggelar acara ini. Kami menginginkan semakin banyak penulis baru yang dapat segera menerbitkan karyanya di Jamal. Mengingat yang saat ini masih sering terjadi penulis  menyerah ditengah jalan karena menemui kendala-kendala dalam penyelesaian karya”,tutur Dr. Aji Dedi Mulawarman.

Sebanyak 43 peserta mengikuti acara ini. Dalam Jamal berbagi selain diberikan pemahaman mendalam tentang teori penulisan karya ilmiah, peserta juga diajak langsung mereviu karya ilmiah dalam sesi Klinik Artikel. Klinik artikel ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih kepada peserta dimana saja letak kesalahan penulisan yang ternyata kerap tidak disadari oleh penulis.

Dalam klinik artikel peserta belajar mereviu karya ilmiah milik peserta lain. Poin yang menjadi tolok ukur penilaian diantaranya judul artikel, State of the Art, orisinalitas, penggambaran artikel dalam abstrak, keterkaitan kerangka penelitian dengan masalah penelitian, kesesuaian pembahasan, pembandingan hasil penelitian dengan teori dan temuan penelitian yang relevan, pemaknaan  hasil analisis data, simpulan, kontribusi hasil penelitian dan terakhir tautan (benang merah) antara tujuan dan simpulan.

“Harapan kami dengan memahami poin penilaian dan bagaimana cara reviu artikel, peserta nantinya juga akan mampu menilai karyanya sendiri.  Sehingga peserta pun memahami bagaimana artikel yang berkualitas dan memenuhi tata aturan ”, tutur Dr. Aji Dedi.

Sekretaris redaksi ini juga menambahkan bahwa kemampuan reviu ini tentunya dapat membantu mempercepat proses penerbitan artikel. Mengingat, tentu artikel yang diajukan nantinya tidak akan melalui proses revisi yang panjang. Karena kualitas lebih dari artikel milik peserta.

Selain memberi pelatihan, tidak tanggung-tanggung Jamal berbagi yang diketuai oleh Ilham Z Salle ini, juga memberikan award  best paper kepada tiga karya peserta yang mendapatkan poin tertinggi dalam klinik artikel. Yang mana, ketiga artikel terbaik yang beruntung akan langsung dipublikasikan Jamal tanpa pembebanan biaya. Bila mahasiswa ingin tahu lebih lanjut mengenai JAMAL ini, dapat mengunjungi laman blog nya di alamat http://jamal.ub.ac.id/ serta twitternya di @JAMALjurnal. (hdn/azh)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan