JIE FEB UB Mengabdi, Identifikasi Potensi dan Pemasaran Produk Digital

Pengabdian Masyarakat, JIE FEB UB Kembangkan Potensi Agrowisata di Pakis
30 September 2021
Melalui Pengabdian Masyarakat, JIE FEB UB Ajak Warga Gali Potensi Desa
1 October 2021

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pakis Kembar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.  Program ini diarahkan untuk pemulihan perekonomian desa dalam bentuk pengembangan potensi desa, produk unggulan desa dan Kawasan perdesaan melalui peran BUMDesa.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan tentang bagaimana cara mengidentifikasi potensi desa dan memasarkan produk melalui media digital.

Pengabdian masyarakat dilakukan oleh tim pengabdian dengan ketua Prof. Dr. Khusnul Ashar, MA, anggota Eddy Suprapto, SE., ME., dan Dr.rer.pol. Ferry Prasetyia, SE., MApp.Ec.

Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, peserta dan pemateri terbatas dan dalam ruangan yang terbuka. Ada sekitar 20 orang yang mengikuti kegiatan JIE Mengabdi, yang berasal dari pemerintah desa, BPD, LPMD, Perwakilan BUMDesa, dan masyarakat desa.

Materi tentang Ekonomi Digital dijelaskan oleh Dr.rer.pol Ferry Prasetyia, SE., Mapp.Ec, dalam penjelasannya perkembangan teknologi informasi telah membuka kesempatan bagi siapapun untuk memasarkan potensi dan produk yang dihasilkan dengan lebih cepat, biaya terjangkau dan menjangkau ke semua calon konsumen.

Tidak terkecuali produk-produk yang dihasilkan desa, BUMDesa dapat memanfaatkan media pemasaran digital untuk mengembangkan usaha yang dijalankannya. Pilihan platform digital telah banyak tersedia dan dapat dipilih mana yang sesuai dengan karakteristik unit usaha BUMDesa atau desa.

Terkait dengan identifikasi potensi di Desa Pakis Kembar, AA. Dharmawan, S.Sos selaku Kepala Desa Pakis Kembar Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang berharap nantinya ada kerjasama lebih lanjut dalam pendampingan di Desa Pakis Kembar untuk mengoptimalkan potensi dan mengelola potensinya.

Hal ini juga diperkuat oleh Nur Salim, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pakis Kembar, bahwa ada banyak potensi di Desa Pakir Kembar yang dapat dikembangkan dalam membantu perekonomian masyarakat. Misalnya di bidang pertanian masyarakat telah memakai metode budidaya minapadi dalam menanam tanaman padi dengan budidaya ikan tawar.

Kegiatan JIE Mengabdi di Desa Pakis Kembar diakhiri dengan penyerahan bantuan sosial kepada warga yang diwakili oleh Dharmawan yang akan diserahkan kepada warga yang berhak.

sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/373574/jie-feb-ub-mengabdi-identifikasi-potensi-dan-pemasaran-produk-digital

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan