Perjalanan Majalah Indikator 50 Oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Indikator

ONE STEP CLOSER TO BE LEGISLATOR
22 March 2018
Seminar Comparative Study on Ease of Doing Business
22 March 2018

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Indikator akan melakukan perjalanan ke beberapa kota guna memenuhi kebutuhan penerbitan Majalah Indikator edisi 50. Majalah Indikator berisi 4 laporan besar antara lain Laporan Utama, Laporan Khusus, Neraca Budaya, dan Diskusi Ahli Indikator. LPM Indikator perlu menemui narasumber yang kompeten dan kredibel guna mempertahankan kualitas majalah. Narasumber yang dimaksud belum tentu berdomisili di Kota Malang. Oleh sebab itu, dibutuhkan agenda perjalanan majalah.

Perjalanan Majalah Indikator 50 akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Maret 2018 sampai dengan 18 Agustus 2018. Seluruh anggota LPM Indikator merupakan Staf Reporter dan dapat melakukan reportase untuk majalah. Namun, penanggung jawab rubrik memiliki tanggung jawab lebih untuk melakukan reportase.

Perjalanan majalah dilakukan dengan cara mencari dan menentukan narasumber yang kredibel untuk masing-masing laporan. Untuk Majalah Indikator 50, Laporan Utama mengulik permasalahan pergaraman rakyat Indonesia. Narasumber untuk Laporan Utama meliputi akademisi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, tengkulak, petani garam, dan Himpunan Masyarakat Petani Garam yang berdomisili di Malang, Surabaya, Jakarta, dan Bogor.

Kemudian Laporan Khusus mengangkat tema kekerasan terhadap anak dan perempuan. Narasumbernya meliputi Women’s Crisis Center, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak, dan korban kekerasan perempuan dan anak. Narasumber berada di Malang, Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Neraca Budaya bertemakan seni teater rakyat. Narasumber laporan ini meliputi Dinas Pariwisata, budayawan, seniman ludruk, seniman ketoprak, seniman lenong, dan penonton seni teater rakyat yang berada di Surabaya, Solo, Yogyakarta, dan Jakarta.

Sedangkan Diskusi Ahli Indikator menangkat perdebatan mengenai pengaturan tenaga kerja asing di Indonesia. Narasumber untuk laporan ini antara lain akademisi, APINDO, KADIN, dan Lembaga Bantuan Hukum Surabaya yang berdomisili di Malang, Surabaya, dan Jakarta.

Penanggung jawab rubrik bersama seorang Staf Reporter akan melakukan perjalanan ke kota-kota di atas untuk mendapatkan data dari narasumber.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)