Kajian Ekonomi Tentang Posisi Buruh dalam AEC 2015

Mahasiswa FEB Sabet Semua Gelar dalam LKTI SELF 2014 di Bali
6 May 2014
Lomba Hijab dan Berhias Tanpa Cermin, diadakan Dharma Wanita FEB UB dalam Memperingati Hari Kartini
10 May 2014

Kamis (08/05), Asean Economic Community adalah suatu perjanjian di antara negara-negara di Asia Tenggara untuk melakukan perdagangan bebas, jadi tidak ada lagi batas antar negara di dalam perdagangan mereka, suatu negara bebas menjual belikan barang dan jasanya ke setiap negara di Asia Tenggara. Dengan adanya kondisi AEC ini membuat setiap negara mempunyai permasalahan masing-masing yang harus di persiapkan untuk menghadapi kondisi ini, karena mereka sudah terikat akan adanya perjanjian ini.

Pada kali ini Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (HMJIE FEB UB) melakukan suatu kajian ekonomi yang bertemakan tentang “Kompleksitas Permasalahan Buruh Menjelang AEC, Membedah & Menemukan Akar Permasalahannya”. Pemateri yang di datangkan adalah Dosen FEB UB yaitu Devanto Shasta Pratomo, S.E., M.Si., MA., Ph.D. karena beliau mempunyai minat di Labour Economics sehingga sangat cocok di jadikan Pemateri untuk kegiatan kali ini. Acara ini di adakan di Aula Gedung A Lantai 3 FEB UB.

Apakah buruh mendominasi dari tenaga kerja di Indonesia? Ternyata di Indonesia orang yang bekerja menjadi buruh sebanyak 37,03%. Hal ini membuktikan bahwa buruh tidak terlalu berpengaruh, bukanlah masalah yang sangat besar. Tingkat Pengangguran di Indonesia hanya 6.6% tidak terlalu besar tetapi jika di bandingkan dengan negara-negara di Asean, Indonesia memiliki pengangguran tertinggi dan di antara pekerja di Indonesia yang bekerja di Sektor Formal hanyalah 38,4% dan sisanya di sektor Informal 61,6%, dengan adanya data ini AEC bukanlah suatu masalah yang besar, karena AEC hanyalah berpengaruh kepada sektor Formal, sedangkan di Indonesia Sektor Informal lebih mendominasi. Acara ini di tutup dengan penyerahan kenang-kenangan. (ilh/azh)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan