KJA Goes To Campus: Akuntan Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Pilihan Tepat Menjadi Mahasiswa Ilmu Ekonomi yang Berbisnis Dan Berprestasi Sejak Muda
3 September 2019
Aspiration Day : “Berjuang Demi Aspirasi”
4 September 2019

MALANG – KJA Goes To Campus dengan tema Prospek CA dan KJA pada Era Revolusi Industri 4.0 telah diselenggarakan siang ini, 3 September 2019 bertempat di Aula Gedung F Lantai 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Kuliah tamu kali ini sangat menarik dan mendapat antusias dari mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UB karena merupakan rangkaian kerjasama antara Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Selain pemaparan materi, juga dilakukan penandatanganan MoU antara IAI Wilayah Jawa Timur dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Kerjasama tersebut menjadi suatu langkah awal agenda kegiatan ke depan yang mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat.

Kuliah Tamu dimulai dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu disusul dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Akuntansi FEB UB dan sambutan Wakil Sekretaris II IAI Wilayah Jawa Timur. “Jurusan Akuntansi harus dekat dengan organisasi profesi seperti IAI karena IAI selalu melakukan pendekatan dengan kondisi luar, tidak hanya menggunakan teori seperti di kampus.” Tutur Wakil Sekretaris II IAI Wilayah Jawa Timur. Setelah sambutan-sambutan barulah dilakukan sesi penandatanganan kontrak dan penyerahan cinderamata. Kerjasama tersebut juga memudahkan mahasiswa yang ingin melakukan ujian sertifikasi karena bisa dilakukan di kampus.

Revolusi Industri 4.0 membuat kehidupan kini menjadi serba mudah, termasuk juga bagi akuntan. Kini data-data sudah bisa dikoneksikan melalui komputer dan internet dengan bantuan sensor fiber optik. Oleh karena itulah akuntan di era sekarang dituntut agar bisa memprediksi dan menganalisa laporan keuangan agar bisa mengambil keputusan. KJA (Kantor Jasa Akuntansi) yang berfokus pada profesi akuntan dalam membantu penyusunan laporan keuangan dinilai masih mmpertahankan eksistensinya ditengah sempitnya lapangan pekerjaan di perusahaan-perusahaan bagi akuntan karena sudah menggunakan fasilitas IT.

IAI menyampaikan kepada mahasiswa Jurusan Akuntansi bahwa masih dibuka kesempatan yang lebar untuk mendaftarkan diri sebagai anggota IAI Muda. Anggota Muda IAI kini mempunyai power tersendiri dalam membantu menyelesaikan permasalahan, tak kalah dengan anggota utama dan anggota madya. Pesan IAI kepada mahasiswa akuntansi, masa depan profesi akuntan masih banyak sekali, harapannya mahasiswa bisa ikut berpraktek dan memanfaatkan KJA dalam implementasi teori-teori mengenai standar-standar akuntansi.

Anandhita Ekawahyu
Anandhita Ekawahyu
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan