Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Nasional (KATULISTIWA) 9: Strategi dan Inovasi Pembangunan di Era Digital untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045

Tahsin and Tahfidz Qur’an
22 May 2017
Tim FEB UB Sabet Juara 1 dalam TEMILNAS XVI FoSSEI Yogyakarta
23 May 2017

Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa Nasional (KATULISTIWA) merupakan salah satu program kerja tahunan dari salah satu  lembaga otonom di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, yakni Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi (LSME). LSME merupakan wadah bagi para mahasiswa FEB UB dalam mengembangkan bakat dan minatnya dalam penulisan karya tulis ilmiah. Lembaga otonom ini memiliki komitmen dalam menunjang upaya peningkatan kompetensi bagi para mahasiswa untuk mendorong adanya penyaluran kontribusi secara langsung melalui karya tulis ilmiah.

KATULISTIWA yang pada tahun ini telah memasuki tahun pelaksanaan yang ke-9 kembali menyediakan forum yang kompetitif sebagai sarana bagi mahasiswa untuk berkontribusi dan menyalurkan idenya melalui kompetisi karya tulis ilmiah. Dengan mengusung tema besar “Strategi dan Inovasi Pembangunan di Era Digital untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045”, KATULISTIWA 9 mengundang seluruh mahasiswa di Indonesia untuk ikut andil dalam revolusi pembangunan di Indonesia dengan menyalurkan ide dan aspirasi mereka melalui kompetisi karya tulis ilmiah.

Rangkaian acara KATULISTIWA 9 dilaksanakan secara bertahap mulai dari pengumpulan abstrak oleh seluruh pendaftar pada tanggal 28 Desember 2016 – 19 Februari 2017 yang telah tersaring menjadi 150 tim yang lolos abstrak dan berhak melanjutkan ke tahap full paper. Peserta yang lolos abstrak kemudian diberi waktu untuk menyelesaikan dan mengumpulkan karya full paper mulai tanggal 26 Februari 2017 – 2 April 2017. Penyeleksian full paper dilakukan oleh juri yang berkompeten dan handal di bidangnya. Setelah melalui tahap seleksi, 12 tim terbaik berkesempatan untuk mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya pada tanggal 5-7 Mei 2017 di Universitas Brawijaya Malang.

Pada hari pertama (5/5/2017), peserta yang telah tiba di Kota Malang langsung diarahkan menuju penginapan, tepatnya di Edotel SMKN 2 Malang. Pada sore harinya, peserta akan hadir di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya untuk mengikuti technical meeting guna mengetahui penjelasan teknis dan pengundian nomor urut presentasi serta study case. Pada kesempatan ini para peserta juga dikenalkan dengan para panitia pelaksana kegiatan KATULISTIWA 9.

Kemudian pada hari kedua (6/5/2017), acara dilanjutkan dengan sesi presentasi dan study case. Presentasi dan study case ini dilaksanakan di Aula Perpustakaan Umum Universitas Brawijaya mulai pukul 07.30 WIB – 16.30 WIB. Berbeda dari tahun lalu, KATULISTIWA 9 kali ini memberikan tantangan baru bagi peserta dengan mengadakan sesi study case yang langsung dihandle oleh juri. Masing-masing tim diberikan waktu 30 menit untuk presentasi yang meliputi sesi persiapan, presentasi, dan tanya jawab dengan 3 orang juri. Ketiga juri KATULISTIWA 9 ini berasal dari 3 fakultas yang berbeda di Universitas Brawijaya yakni, Yuita Arum Sari, S.Kom., M.Kom. (FILKOM), Yenni Kornitasari, SE., ME. (FEB), dan Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA (FTP). Sementara study case akan dilaksanakan setelah sesi presentasi oleh 12 kelompok selesai. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah juga dilaksanakan  pada hari ini setelah semua peserta selesai melakukan presentasi dan studycase. Hasilnya, juara 1 diraih oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, juara 2 diraih oleh Universitas Negeri Semarang, dan juara 3 diraih oleh Institut Teknologi Sepuluh November. Setelah sesi presentasi dan study case selesai, peserta segera kembali menuju hotel untuk bersiap-siap menghadiri gala dinner. Gala dinner peserta bersama panitia KATULISTIWA 9 dilaksanakan di Juliette Beach Resto yang bertempat di Jl. Wilis. Dilengkapi dengan penampilan dari Homeband FEB, acara ini berlangsung meriah dan sukses menjadi ajang ramah tamah antara peserta dan panitia KATULISTIWA 9.

Pada hari terakhir (7/5/2017), peserta melaksanakan field trip ke Eco Green Park. Bersama dengan beberapa panitia, peserta terlihat sangat menikmati kegiatan field trip ini. Selain di Eco Green Park, peserta juga diberi kesempatan untuk berkunjung ke salah satu pusat oleh-oleh Malang. Setelah seharian melaksanakan kegiatan field trip, peserta segera kembali menuju Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya untuk mengikuti penutupan acara KATULISTIWA 9. Penutupan sederhana ini berhasil mengundang haru para

panitia dan peserta dengan penampilan dari LO. Dengan telah dilaksanakannya penutupan ini, maka berakhirlah rangkaian acara KATULISTIWA 9. Selamat kepada para pemenang dan jangan pernah berhenti untuk berkarya.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)