Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Nasional (KATULISTIWA) 8: Kembangkan Desa, Perbaiki Bangsa

SYNERGY BUILD ISLAMIC ECONOMY IN SCIENCE AND INNOVATION
3 June 2016
Daftar JURNAL ILMIAH NASIONAL yang diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI
8 June 2016

hari ke-2 Katulistiwa Presentasi

Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME) merupakan salah satu lembaga otonom di Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang berkecimpung dalam penulisan karya tulis ilmiah mengadakan kegiatan tahunan yang disebut Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Nasional atau yang biasa disingkat dengan KATULISTIWA. Kegiatan ini telah diselenggarakan selama 8 tahun yang menunjukkan masih eksisnya program kerja LSME di tingkat nasional. KATULISTIWA 8 sesuai namanya merupakan sebuah kompetisi yang ditujukan kepada mahasiswa seluruh Indonesia untuk berlomba dalam bidang karya tulis dengan mengusung tema “Kembangkan Desa, Perbaiki Bangsa” serta tema kepenulisan adalah “Inovasi dan Implementasi Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal sebagai Strategi Pembangunan Jangka Panjang Indonesia 2025”. Hal ini merupakan sebuah keserasian antara acara ini dengan LSME yang memang bidang kajiannya adalah membentuk insan yang dapat menuangkan idenya dalam suatu gagasan ilmiah.

Rangkaian kegiatan KATULISTIWA 8 ini dimulai dengan mahasiswa di seluruh universitas Indonesia melakukan pendaftaran dan mengirimkan abstrak dalam bentuk softcopy sejak tanggal 28 Desember 2015 sampai 21 Februari 2016. Sampai dengan deadline pengumpulan tercatat sebanyak 500 abstrak yang masuk dan hanya 150 peserta yang lolos ke tahap selanjutnya, yaitu penulisan paper. Sedangkan pengumpulan paper dimulai sejak 21 Februari 2016 sampai 10 April 2016. Dari 151 karya yang masuk ke panitia diseleksi dan dilakukan penilaian untuk paper yang dikirimkan serta selanjutnya akan ditemukan 12 finalis terbaik dari seluruh pendaftar pada acara KATULISTIWA 8 ini. Pengumuman 12 finalis yang akan mempresentasikan karya tulis ilmiahnya dilakukan pada tanggal 23 April 2016. Setelah itu, finalis melakukan registrasi ulang dan diundang untuk hadir di Universitas Brawijaya, Malang.

12 finalis tersebut terdiri dari Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 2 tim, Universitas Negeri Surabaya sebanyak 1 tim, Universitas Hasanudin Makasar sebanyak 1 tim, Universitas Gadjah Mada sebanyak 1 tim, Universitas Negeri Riau sebanyak 1 tim, Universitas Sebelas Maret sebanyak 1 tim, Universitas Mataram sebanyak 1 tim, Institut Pertanian Bogor sebanyak 1 tim, dan Universitas Brawijaya sebanyak 3 tim.

            Kegiatan presentasi dari 12 finalis diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang pada tanggal 6-8 Mei 2016. Kegiatan dimulai dengan Technical Meeting pada tanggal 6 Mei 2016 yang dimulai pukul 18.30 WIB di Aula Gedung D Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan ini membicarakan mengenai ketentuan presentasi para finalis serta tata tertib selama kegiatan. Pada acara ini terdapat  pula hiburan yang diberikan oleh Homeband Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Seluruh peserta kemudian kembali menuju penginapan yang panitia telah sediakan yaitu di Griya Universitas Brawijaya.

            Pada hari ke-2 atau pada tanggal 7 Mei 2016, disinilah merupakan waktu bagi para finalis untuk mempresentasikan karya tulis ilmiahnya. Pada hari ini juga akan dilakukan pengumuman pemenang lomba dari acara KATULISTIWA 8. Peserta yang terpilih dari seluruhUniversitas di Indonesia mempresentasikan karya tulis ilmiah mereka dengan baik di hadapan para dewan juri yang ahli dalam bidangnya, yaitu Bapak Anang, Bapak Dias, dan Bapak Gustomy. Acara dilaksanakan sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Pada akhirnya ditentukanlah pemenang dari Acara KATULISTIWA 8 yaitu juara 1 diraih oleh Universitas Brawijaya, juara 2 diraih oleh Universitas Mataram, juara 3 diraih oleh Universitas Negeri Surabaya, harapan 1 diraih oleh Universitas Riau, dan harapan 2 diraih oleh Universitas Gadjah Mada.

            Pada hari ke-3 atau pada tanggal 8 Mei 2016, finalis menjalani fieldtrip ke Desa Wisata Bumiaji yang terletak di Kota Batu. Finalis diajak untuk melihat perkebunan, memerah susu sapi, dan petik apel sesuai dengan tema kegiatan. KATULISTIWA 8 diharapkan ke depannya dapat berjalan dengan lebih baik lagi dan setiap permasalahan yang ada pada tahun ini dapat dibenahi tahun depan. Hal ini juga agar dapat membentuk atau menjaring ide-ide kreatif mahasiswa dalam sebuah gagasan pada karya tulis ilmiah.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan