Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) JAFEB UB, 18-20 April 2012

Summer International Courses 2012
18 April 2012
Call for Papers Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) JAFEB UB
19 April 2012

Rabu-Jumat (18-20/4), Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB) telah melaksanakan Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) yang bertempat di Widyaloka Convention Hall, UB. Tema yang diusung adalah “Konstruksi Arsitektur Pendidikan Akuntansi Berbasis Pancasila untuk Penguatan Jati Diri Bangsa”. Konferensi nasional ini terdiri dari tiga bentuk kegiatan, yaitu seminar, call for papers, dan sidang komisi dan penyelarasan antar komisi.

Rektor UB, Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito secara langsung membuka rangkaian KNPAI yang diikuti oleh peserta dari berbagai kota di Indonesia. Pada rangkaian pertama (Rabu, 18/4), diselenggarakan seminar dan presentasi call for papers. Hari kedua, Kamis (19/4) dilanjutkan dengan seminar dan sidang komisi serta penyelarasan antar komisi. Hari ketiga, Jumat(20/4) atau sebelum penutupan,  dilakukan penyampaian hasil rumusan cetak biru arsitektur pendidikan akuntansi dan roadmap oleh Ketua JAFEB UB, Prof. Dr. Unti Ludigdo, Ak, dan pengumuman best paperoleh Dr. Erwin Saraswati, M.Si., Ak.

Konferensi nasional ini bertujuan untuk: 1) Menampung berbagai pemikiran atau hasil riset dan mendiskusikan isu-isu krusial pengembangan pendidikan akuntansi di Indonesia, 2) Memberikan arahan penyelenggaraan pendidikan akuntansi pada tingkat S1, S2, S3 serta vokasi dan PPAk, 3) Menghasilkan cetak biru arsitektur pendidikan akuntansi Indonesia yang realistis dan inspiratif, dan 4) Menjalin jaringan antar lembaga atau institusi pendidikan akuntansi, staf pengajar, praktisi, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Output dari konferensi nasional ini adalah terbentuknya Rumusan Arsitektur (Cetak Biru) Pendidikan Akuntansi Indonesia dan publikasi pemikiran dan riset pendidikan akuntansi untuk berbagai jenjang (vokasi, S1, S2, S3, dan PPAk).

Dekan FEB UB, Gugus Irianto, MSA., Ph.D., Ak, menyatakan bahwa output konferensi tersebut berperan penting dan strategis dalam merumuskan arsitektur pendidikan akuntansi Indonesia. Dalam sambutan penutupan, beliau menyampaikan beberapa pesan, diantaranya menekankan bahwa hasil rumusan arsitektur pendidikan akuntansi Indonesia ini merupakan bentuk upaya penguatan jati diri bangsa dan di segala aspek, seperti etika dan moral sehingga tidak hanya terbatas pada aspek akuntansi semata. (mir)