Laboratorium Manajemen FEB Adakan Pelatihan Olah Data Statistik bagi Para Mahasiswa Semester Akhir

FEB UB Siap Berkontribusi dalam Pendirian Program Studi Ekonomi Islam di FE UNIDAR Ambon
11 April 2014
FEB UB Memberangkatkan Mahasiswa menuju FE UI CUP
18 April 2014

Sabtu (12/4), Laboratorium Manajemen FEB UB mengadakan kegiatan “Pelatihan Olah Data  Statistik dengan software IBM SPSS Statistic 21 untuk Skripsi dan Tesis”. Kegiatan ini lebih diperuntukkan bagi para mahasiswa semester akhir, akan tetapi selain mahasiswa semester akhir pun boleh mengikuti kegiatan ini. Materi yang dibahas dalam pelatihan ini adalah validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi dan korelasi. Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan praktik dari para mahasiswa dalam melakukan pengolahan data melalui SPSS.

“Kadang walaupun telah menempuh mata kuliah aplikasi komputer statistik, masih ada mahasiswa yang kurang paham cara mengolah data dengan SPSS, maka dari itu Laboratorium Manajemen mengadakan pelatihan ini”, ujar Dr. Andarwati, S.E., M.E. yang merupakan Ketua Laboratorium Manajemen. Di dunia kerja, kemampuan pengolahan data dengan SPSS juga masih dibutuhkan, sehingga selain untuk pembuatan skripsi atau tesis, ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini juga dapat digunakan sebagai persiapan menghadapi dunia kerja.

Para mahasiswa, tak hanya yang tengah menempuh semester akhir, ternyata sangat menyambut positif adanya kegiatan ini. Puluhan mahasiswa telah masuk sebagai waiting list. “Bahkan ada pendaftar dari fakultas lain”, tutur Beliau. Sehingga Laboratorium Manajemen FEB UB berencana untuk mengadakan pelatihan ini lagi. Kedepannya akan diadakan pula pelatihan serupa yang menggunakan software olah data yang lain, dengan begitu peminat dari pelatihan ini akan bertambah, dan para mahasiswa akan lebih terfasilitasi dalam meningkatkan kompetensi mereka.

Kemampuan para mahasiswa dalam memanfaatkan berbagai software olah data memang mutlak dibutuhkan untuk membantu proses penelitian atau riset. Terlebih lagi bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. “Laboratorium Manajemen FEB UB, bertekad untuk memberikan konstribusi positif dan aktif meningkatkan kualitas mahasiswa FEB UB, terutama Jurusan Manajemen”, pungkas  Dr. Andarwati, S.E., M.E. ketika diwawancara. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan