Lomba Hijab dan Berhias Tanpa Cermin, diadakan Dharma Wanita FEB UB dalam Memperingati Hari Kartini

Kajian Ekonomi Tentang Posisi Buruh dalam AEC 2015
9 May 2014
FEB UB Melakukan Pemeriksaan Medis, guna Perhatikan Kesehatan Para Dosen dan juga Karyawan
14 May 2014

Hijab modern saat ini sudah menjadi trend dikalangan  muslimah, pandangan mengenakan hijab yang dulunya dianggap tidak bisa tampil cantik dan modis kini berubah 360 derajat. Trend hijab modern mengenalkan bahwa berhijab kini juga bisa tampil cantik, modis dan tetap syar’i. Trend ini kini juga tengah digemari oleh Dharma wanita FEB UB. Dalam rangka memperingati hari Kartini, Dharma wanita FEB UB mengadakan event “Lomba Hijab dan Berhias Tanpa Cermin”.

Lomba hijab dan berhias tanpa cermin ini dilaksanakan pada Jum’at (09/05) di Aula Gedung F lantai 7 FEB UB, tepatnya pukul 10.00 – 11.30. Ibu Ika, istri Dekan FEB UB mengatakan; “Acara ini dilaksanakan selain untuk memperingati hari Kartini juga sebagai silaturrahmi dan berbagi ilmu antar ibu-ibu”. Dharma wanita FEB UB sendiri selain mengadakan event di hari-hari peringatan, juga rutin mengadakan pertemuan setiap dua bulan sekali, beberapa acara yang kerap digelar yaitu arisan, talkshow, sosialisasi dan berbagai acara lainnya.

Dalam perlombaan ini peserta diberikan waktu 25 menit unjuk berhijab dan merias diri tanpa menggunakan cermin. Acara berlangsung meriah dengan iringan lagu-lagu yang dibawakan oleh beberapa Ibu Dharma wanita lain yang tidak mengikuti perlombaan. Perlombaan diikuti oleh sepuluh peserta diantaranya Ibu Ika, Ibu Krisna, Ibu Bambang, Ibu Wahyu, Ibu Malik, Ibu Munawar, Ibu Ratna, Ibu Rara, Ibu Shobirin dan Ibu Margono.

Sebelum pengumuman pemenang, Ibu Ghofar yang merupakan salah satu dari tim juri memberikan tutorial berhijab dan berias tanpa menggunakan cermin. Dalam tutorial ini, Ibu Ghofar memberikan contoh bagaimana cara berhijab rapi, modis tetapi tepat syar’i. Setelah pemberian tutorial hijab, Ibu Bambang menampilkan puisi lamanya bertema Ibu Kartini. “Puisi ini adalah puisi saya yang ke-201 yang saya buat sewaktu masih mahasiswa tingkat satu”, tutur Ibu Bambang. Setelah persembahan puisi dilanjutkan dengan pengumuman juara dan penyerahan hadiah serta pemberian doorprise kepada ibu-ibu Dharma Wanita yang telah hadir.

Kriteria penilaian dalam lomba ini diantaranya kerapian, keserasian, ketepatan waktu dan kreasi hijab. Perlombaan ini di nilai oleh 3 juri yang sudah memiliki pengalaman dalam berhijab modern dan berhias, dari 10 peserta diambil 6 pemenang. Juara 1 diperoleh oleh Ibu Krisna dengan skor 336,67, juara 2 diraih Ibu Bambang dengan skor 336 dan Ibu Ika Chandra meraih juara 3 dengan skor 335. Tiga pemenang lain yaitu harapan 1, 2, dan 3 diraih oleh IbuWahyu, Ibu Malik, dan Ibu Munawar. Skor masing-masing juara harapan diantaranya 316,67, 310 dan 308,33.

Dalam acara ini, Prof. Thantawi salah satu senior di FEB UB juga datang dan berpartisipasi menyumbangkan lagu send me the pillow. Acara peringatan Kartini ini kreatif dan menyenangkan, untuk event selanjutnya seperti hari ibu atau hari Kartini ditahun depan mungkin bisa diadakan acara serupa yang kreatif seperti talkshow tentang gizi keluarga”, tutur Prof. Thantawi. Ibu Zaki salah satu juri perlombaan  mengatakan; ” Saya senang sekali bisa berbagi pengalaman hijab modern dan berias dengan Ibu-ibu Dharma wanita, tenyata ibu-ibu sudah banyak yang pandai bertata rias tanpa cermin dan up to date juga dengan hijab modern.”

Ibu Ika mengatakan,”Peringatan kali ini sangat menarik, saya senang dan rasanya muda lagi setelah mengikuti lomba hijab modern karena biasanya saya mengenakan jilbab yang sederhana saja”. Setelah memperingati hari Kartini, dalam waktu dekat, sekitar bulan Juli Dharma wanita FEB UB akan mengadakan acara bakti sosial di daerah Malang Selatan.(hdn/azh)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan