Mahasiswa JA FEB UB Kembali Meraih Gelar Juara dalam Olimpiade Akuntansi Tingkat Nasional

Guest Lecture Series (GLS): #1 Kuliah Tamu Ketua IKA FEB UB Penanda Dimulainya GLS
27 March 2014
Workshop Entrepreneurship Hasil Kerjasama antara Laboratorium Manajemen dengan IEC
31 March 2014

Setelah meraih Juara dalam gelaran Competition of Accounting di STIE Perbanas Surabaya, kini Elis Nur Rohma, Ninda Ayu Wiranti, dan Octadila Laily Anggraeni kembali mengharumkan nama Jurusan Akuntansi FEB UB (JA FEB UB) dengan meraih gelar juara dalam Olimpiade Akuntasi berskala Nasional dengan tajuk “ATMAJAYA YOGYAKARTA SUPREME ACCOUNTING COMPETITION  (ASAC) 2014” yang berlangsung di Yogyakarta pada tanggal 19-21 Maret 2014. Selain mereka bertiga yang tergabung dalam tim UB3, pada kesempatan kali ini, JA FEB UB mengirimkan dua tim lain, yakni UB1 yang terdiri dari Arga, Nadia, serta Rahadian dan UB2 yang terdiri dari Siti, Virasty, serta Dewi.

Kompetisi yang digelar selama 19-21 Maret tersebut mengadu ketahanan berpikir para tim peserta dalam 9 babak perlombaan. Pada babak ke 7 (Accounting Marathon), tim UB3 sempat mengalami kesulitan, bahkan hingga mendapatkan nilai minus. Beruntung, mereka berhasil mengatasi hal tersebut, hingga akhirnya lolos ke babak final.

Pada babak final, tim UB3 berhadapan dengan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Tim UB 3 mempresentasikan tema tentang “Kesiapan Indonesia Menghadapi AEC 2015” sedangkan Tim UKSW mempresentasikan tentang “Implementasi Environmental Management Accounting (EMA) di Indonesia. Presentasi dilanjutkan dengan pertanyaan oleh tim lawan dan tanggapan dari Dewan Juri yang berasal dari Dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Hingga pada akhirnya tim Juri sepakat dengan solusi yang dipresentasikan Tim UB 3. Dalam rangka meningkatkan kesiapan Indonesia menghadapi AEC, yakni Indonesia perlu melakukan pemerataan sekolah dan tenaga pendidik yang berkualitas di seluruh pelosok Indonesia sehingga terbentuk SDM-SDM Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing. Jika itu tidak dilakukan maka seluruh sumber daya Indonesia hanya akan dikuasai dan dieksploitasi oleh swasta atau bangsa asing yang berhasil masuk ke Indonesia hingga bangsa Indonesia sendiri tidak akan memiliki kedaulatan lagi di rumahnya sendiri.

Alhamdulillah, dan semoga akan semakin banyak lagi delegasi-delegasi mampu mengharumkan nama besar JA FEB UB”, ujar ujar Elis Nur Rohma ketika diwawancarai. Ketiganya yang merupakan mahasiswi angkatan 2011 dan juga Asisten Dosen mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak JA FEB UB, karena keberhasilan mereka tidak dapat lepas dari peran serta dan dukungan dari pihak jurusan. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan