Mahasiswa Jurusan Akuntansi Jalani Pembekalan Sebelum Mengabdi

Pameran Big Sale, Andi Goes To Campus
21 August 2019
Latihan Tetaer dan Sastra
23 August 2019

MALANG – Hari ini (22/08/2019) telah berlangsung acara pembekalan KKN Tematik jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya di Ruang Sidang Utama FEB UB. Acara ini diikuti oleh 12 mahasiswa semester 7 jurusan Akuntansi FEB UB, serta menghadirkan Ken Sasmito Effendi (Trainer Pengembangan SDM dan Fasilitator Manajemen Perubahan) sebagai pemateri.
Tahun ini adalah tahun pertama bagi jurusan Akuntansi dalam mengadakan KKN Tematik. Untuk yang perdana ini, jurusan Akuntansi hendak melaksanakan pengabdian di Dusun Rejoso Desa Junrejo, Kota Batu, dimana wilayah tersebut merupakan salah satu sentra UMKM di Jawa Timur.
Mahasiswa jurusan Akuntansi diberikan pembekalan tentang keterampilan seni fasilitasi dan keterampilan komunikasi interpersonal. Mengingat bahwa yang dihadapi mahasiswa nantinya adalah warga desa, sehingga cara berkomunikasinya tidak dapat disamakan dengan cara berkomunikasi yang biasa dilakukan di kota.
Dalam kesempatan ini, Ken Sasmito Effendi membekali mahasiswa banyak hal, diantaranya peran fasilitator, komunikasi verbal, menghadapi dinamika kelompok, cara menghadapi audience dengan berbagai karakter, dan lain sebagainya. Dalam pemberian materi juga selalu diselingi dengan praktik dan permainan, sehingga suasana tidak tegang dan terasa mengasyikkan.
“Senang sekali dan tidak membosankan. Saya banyak mendapatkan pelajaran dari adanya pembekalan ini, mulai dari cara bersosialisasi, cara menghadapi orang banyak dengan berbagai karakter, dan cara mengarahkan masyarakat untuk mau berpartisipasi dalam acara yang kita adakan”ucap Ayu Dwi Anggorowati, salah satu peserta pembekalan.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya