<!–:id–>Memperingati Hari Raya Idul Adha 1435H, FEB Distribusikan 350 Kupon Daging Kurban<!–:–>

<!–:id–>Peer Review Team ABEST21 Tinjau Perkembangan FEB UB<!–:–>
5 October 2014
<!–:id–>Home Band FEB: Ecolution Band Raih Juara 3 dalam Olimpiade Brawijaya<!–:–>
5 October 2014

Malang (5/10) – Hari raya Idul Adha 1435H jatuh pada 5 Oktober 2014. Hari raya yang dirayakan selama 3 hari oleh umat Muslim di seluruh dunia ini adalah untuk memperingati kerelaan Nabi Ibrahim mengorbankan putranya untuk Allah SWT. Selain itu, umat Muslim merayakan hari besar ini untuk menandai akhir Haji, ibadah suci tahunan ke Mekah yang saat ini menjadi ibadah tahunan terbesar di dunia.

Sesuai etika dan adat istiadat umat Muslim, Idul Adha ini merupakan waktu yang baik untuk meningkatkan kemuliaan hati dengan berbagi kekayaan dengan kalangan kurang mampu. Tradisi ini juga dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB). FEB UB menjalankan tradisi yang sama setiap tahunnya yaitu  penyembelihan bersama hewan qurban FEB UB. Yang mana daging qurban ini nantinya akan diberikan kepada yang membutuhkan.

Jumlah hewan qurban di FEB UB setiap tahunnya relatif sama. Tepat pada tanggal 4 Oktober sore hari, 2 ekor sapi dan 7 ekor kambing sampai di FEB UB. Hewan-hewan qurban ini merupakan iuran kolektif dosen FEB UB dan sumbangan dari fakultas.

Surata, S.E selaku Ketua Pelaksana penyembelihan hewan qurban FEB UB menuturkan, “Iuran kolektif untuk hewan qurban di fakultas kita ini bersifat sukarela. Dosen dan pegawai fakultas selain  bebas menentukan untuk ikut qurban di fakultas atau ditempat asal, juga bebas menentukan berqurban sapi ataukah kambing. Dosen yang menghendaki ikut berqurban sapi  membayar Rp 2.500.000 per orang. Sedangkan yang menghendaki berqurban kambing pun dipersilahkan apabila ingin individu atau kolektif. Dari fakultas sendiri menyumbangkan 1 ekor kambing pada hari raya tahun ini.”

Selain mendistribusikan langsung kepada pegawai dan masyarakat setempat, fakultas juga menyumbangkan 2 ekor kambing ke Rektorat Universitas Brawijaya. “Setiap tahunnya kita juga menyumbangkan hewan qurban untuk didistribusikan badan agama universitas. Jumlah hewan qurban yang disumbangkan ke universitas setiap tahunnya tidak sama karena disesuaikan dengan hewan qurban yang ada di fakultas sendiri”, tambah Surata, S.E.

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan usai Shalat Ied tepat pukul 07.30-14.00 di Halaman Belakang Gedung D FEB UB. Penyembelihan dan pemotongan hewan qurban yang diketuai oleh Surata, S.E dilakukan oleh tim penyembelih hewan qurban yaitu karyawan FEB UB.

Pada perayaan hari raya qurban tahun ini, FEB UB mendistribusikan kupon pembagian daging sebanyak 350 kupon. Yang mana distribusi kupon ini diprioritaskan kepada kelompok internal dan eskternal sekitar kampus yang dianggap membutuhkan yaitu pegawai dan masyarakat setempat. Pegawai yang mendapatkan daging qurban ini diantaranya pegawai satpam, cleaning service, petugas sampah, petugas parkir, penjaga foto kopi, dan pegawai kantin. Kupon-kupon tersebut didistribusikan kepada pegawai dan masyarakat setempat pada tanggal 2 dan 3 Oktober.

Pendistribusian daging qurban oleh fakultas dilakukan pada tanggal 5 Oktober di FEB UB. Sebanyak 350 kupon yang diberikan terdistribusi semua. Proses distribusi daging qurban yang dilaksanakan pukul 12.00-14.00 pun berjalan dengan lancar. Fakultas berharap daging kurban yang diberikan memberi manfaat kepada penerima. Fakultas juga mengharapkan tradisi ini akan terus berjalan setiap tahunnya. (hdn/azh)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan