Menegakkan Ekonomi Robbani yang Berjiwa Insani dengan Inovasi Masa Kini

Forstilling FEB UB persiapkan pendidikan karakter dan pribadi anak muslim melalui pendidikan qur’ani warga betek Malang
29 March 2018
Binari Najwah Oleh FORSTILLING FEB UB
29 March 2018

CIES Economist Club merupakan suatu rangkaian acara yang diselenggarakan oleh salah satu Lembaga Otonom di Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) yaitu Center of Islamic Economic Studies (CIES). Kegiatan ini dilatarbelakangi ketidaktahuan masyarakat FEB UB akan sistem perekonomian syariah atau islam sehingga dibentuklah wadah untuk masyarakat FEB UB bertanya, karena kita tahu bahwa perekonomian islam kini di Indonesia sudah cukup banyak diterapkan. tema besar dari CEC ini adalah “Menegakkan Ekonomi Robbani yang Berjiwa Insani dengan Inovasi Masa Kini”. Tema-tema yang diusung dalam CEC ini berkaitan erat dengan kegiatan masyarakat saat ini, namun dilihat dari segi keislamannya. Kegiatan yang berbentuk kajian rutin ini membahas tema-tema seperti teori, masalah, serta isu-isu kontemporer terkait ekonomi Islam. Tujuan dari dibentuknya kegiatan ini adalah agar ada wadah yang menaungi masyarakat FEB UB untuk bertanya segala sesuatu yang berhubungan dengan ekonomi  syariah/ Islam. Departemen Research and Development yang berfokus kepada aspek keilmuan di CIES melalui kegiatan ini bermaksud memberikan fasilitas untuk menambah ilmu pengetahuan kepada seluruh anggota CIES khususnya dan kepada seluruh mahasiswadi FEB UB serta untuk masyarakat umum yang tertarik terhadap Ekonomi Islam umumnya, terkait Ekonomi Islam terutama pada masalah-masalah serta perkembangannya hingga saat ini.

Untuk memenuhi pencapaian target sasaran peserta, maka kegiatan ini dibagi menjadi dua jenis. Pertama, KARPET CEC (Kajian Rutin Petang CIES Economist Club) yaitu suatu kegiatan berbentuk kajian yang rutin yang diadakan setiap minggunya pada hari Rabu pada jam 15.30 hingga jam 17.30 WIB bertempat di lantai dua gedung Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya. Materi yang akan disampaikan dalam KARPET CEC adalah materi-materi yang bertema seputar hakikat ekonomi Islam, fiqihmuamalah, serta materi pilihan berdasarkan pemilihan peserta. Pemateri yang yang akan menyampaikan materi-materi tersebut merupakan para anggota CIES yang telah mengikuti training for trainer, alumni CIES serta dosen-dosen.  Target peserta dalam acara ini adalah seluruh anggota CIES, FEB, UB.

Kedua, CEC Spesial yaitu kajian yang diadakan dua kali dalam 1 periode kepengurusan yaitu pada tanggal 18 April dan 26 September 2018 dengan tempat di Basement FEB UB. CEC Spesial, akan mengundang pemateri dari para dosen dan praktisi yang telah berkecimpung dalam dunia ekonomi Islam. Tema kajian yang akan dibahas berupa tema-tema kontemporer yang sesuai dengan realita yang terjadi pada saat ini. Selain kajian, peserta juga akan diberikan waktu diskusi terkait tema yang akan usung. Pada kajian CEC spesial ini, target peserta tidak hanya dari anggota CIES tetapi juga seluruh mahasiswa FEB, UB serta masyarakat umum.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan