ONE STEP CLOSER TO BE LEGISLATOR

iB Goes to Campus : Serunya Berbank Syariah
22 March 2018
Perjalanan Majalah Indikator 50 Oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Indikator
22 March 2018

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya merupakan lembaga legislatif tingkat fakultas yang berfungsi sebagai legislator bagi Mahasiswa Aktif S1 FEB UB. Kepengurusan DPM FEB UB diawali dengan serah terima jabatan pada awal tahun 2018. Dalam kepengurusannya, DPM FEB UB memerlukan staf-staf yang akan membantu Anggota DPM FEB UB untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi DPM FEB UB. Oleh karena itu DPM FEB UB merekrut staf untuk membantu kinerja DPM FEB UB.

Sumber daya manusia yang banyak tidaklah cukup dalam suatu organisasi, melainkan perlu juga dilakukan pembentukan karakter. Akan percuma jika suatu organisasi memiliki banyak sumber daya manusia, tetapi tidak memiliki karakter yang baik dan bisa menjadi penyokong organisasi. Selain itu, dibutuhkan juga pengenalan bagi staff organisasi mengenai organisasi yang mereka ikuti dan bagaimana mereka akan menjadi bagian dari organisasi. Untuk dapat menciptakan mahasiswa yang berjiwa organisatoris, maka perlu adanya kegiatan yang dapat memotivasi mahasiswa.

Dalam tahap awal pengenalan mengenai DPM FEB UB, kelegislatifan, dan sebagai pelatihan keorganisasian, DPM FEB UB mengadakan Legislator Training. Memahami karakter tiap individu tidaklah mudah. Butuh proses untuk saling mengenal satu dengan yang lain. Melalui Legislator Training ini diharapkan setiap individu dapat memulai untuk memahami rekan kerja yang akan membangun DPM FEB UB secara bersama-sama. Hal ini berkaitan juga dengan kerja-kerja profesional yang harus dilakukan oleh aktivis organisasi berkenaan dengan sedikitnya waktu yang tersedia dengan sumber daya manusia yang dapat bekerja sama satu dengan yang lain.

Rangkaian acara Legislator Training Day I dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 24 Februari 2018 bertempat di Gedung D 2.7 FEB UB. Rangkaian pertama dari acara Legislator Training ini dimulai pada pukul 07.00, yaitu registrasi peserta yang dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua DPM FEB UB 2018, yaitu Dwi Agung Sabekti dan pengenalan mengenai DPM FEB UB 2018 yang meliputi pemahaman dasar-dasar DPM FEB UB, visi misi DPM FEB UB, memberikan motivasi, dan semangat bagi pengurus DPM FEB UB untuk menuju DPM FEB UB yang lebih baik. Acara dilanjutkan dengan materi sesi pertama tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh Jefrie Nandy Satria selaku Ketua DPM FISIP UB 2017. Setelah materi sesi pertama sudah selesai maka dilanjutkan dengan istirahat, salat, dan makan siang.

Selanjutnya, materi sesi kedua tentang kelegislatifan yang disampaikan oleh Rio Danu Wicaksono selaku Ketua Komisi Hukum dan Undang-Undang DPM UB 2017. Materi terakhir, yaitu materi sesi ketiga yang disampaikan oleh Gaung Andaka R. P. selaku Ketua DPM FEB UB 2015 tentang keDPMan. Setelah materi ketiga berakhir, acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh Staff DPM FEB UB 2018 yang dipimpin oleh Ketua DPM FEB UB 2018. Pembacaan ikrar ini mencerminkan keseriusan terhadap komitmen pada DPM FEB UB 2018. Agenda terakhir, yaitu briefing dan pembagian kelompok Legislator Training Day II yang akan dilaksanakan pada keesokan harinya.

Setelah Legislator Training Day I dilaksanakan, rangkaian selanjutnya adalah Legislator Training Day II. Rangkaian acara kedua dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 Februari 2018 yang dilaksanakan di Bedengan, Bumi Perkemahan Selorejo. Perjalanan menuju Bedengan dimulai pukul 07.00 dan outbond dilaksanakan mulai pukul 08.00. Terdapat tiga kelompok dan beberapa games yang harus dilewati oleh setiap kelompok. Games yang diberikan disusun berdasarkan esensi keorganisasian yang bertujuan untuk mengakrabkan seluruh Staff DPM FEB UB 2018, menanamkan rasa persaudaraan, dan meningkatkan sense of belonging antar Anggota dan Staff DPM FEB UB 2018.

Setelah outbond peserta langsung diarahkan untuk istirahat dan makan siang. Setelah makan siang, agenda dilanjutkan ke materi selanjutnya, yaitu sharing DPM FEB UB. Sharing dipimpin oleh Ketua DPM FEB UB 2018. Acara Legislator Training Day II berakhir pada pukul 12.00 dengan sesi foto bersama seluruh Anggota dan Staff DPM FEB UB 2018. Tujuan yang ingin dicapai telah terwujud dengan diadakannya acara Legislator Training. Tujuan awal yang ingin diwujudkan pada Legislator Training adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pengetahuan kehidupan berorganisasi serta mengembangkan softskill pengurus baik secara individu maupun kelompok khususnya dalam bidang kelegislatifan, konstitusi, serta birokrasi.
  2. Membentuk pengurus DPM FEB UB Periode 2018 yang solid sehingga dapat mewujudkan terlaksananya program kerja DPM FEB UB selama satu tahun periode kepengurusan ke depan.

NARAHUBUNG

Nathania Eda Ramadhani (085782287403)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan